IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE DAN SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X DI SMKS PRAYATNA 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

SIMAMORA, SEHATMASARI (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE DAN SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X DI SMKS PRAYATNA 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193342007_Cover.pdf] Text
7193342007_Cover.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 7193342007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193342007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 7193342007_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193342007_Kata_Pengantar.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of 7193342007_Abstrak.pdf] Text
7193342007_Abstrak.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of 7193342007_Daftar_Isi.pdf] Text
7193342007_Daftar_Isi.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 7193342007_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193342007_Daftar_Tabel.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 7193342007_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193342007_Daftar_Gambar.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 7193342007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7193342007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 7193342007_BAB_I.pdf] Text
7193342007_BAB_I.pdf

Download (891kB)
[thumbnail of 7193342007_BAB_V.pdf] Text
7193342007_BAB_V.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 7193342007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193342007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (386kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada mata pelajaran akuntansi dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X SMKS Prayatna 1 Medan yang berjumlah 26 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Search, Solve, Create and Share. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk kemampuan berpikir kreatif siswa dan tes untuk hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Data kuantitatif diolah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel.
Dari observasi kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I diperoleh bahwa terdapat 6 siswa (23,1%) yang masuk dalam kategori kreatif. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 23 siswa (88,46%) yang tentunya telah memenuhi indikator keberhasilan ≥ 85 %. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata pre test sebesar 61,28 dengan siswa yang tuntas 6 orang (23,07%). Pada post test siklus I diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata pre test sebesar 65,96 dengan siswa yang tuntas 10 orang (38,46%). Kemudian pada post test siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata rata sebesar 83,08 dengan siswa yang tuntas 24 orang (92,30%) yang mengartikan bahwa hasil perolehan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥ 85%.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share dapat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X di SMKS Prayatna 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar siswa, Search, Solve, Create and Share.
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 26 May 2024 00:38
Last Modified: 26 May 2024 00:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57646

Actions (login required)

View Item
View Item