SIMAMORA, SEHATMASARI (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE DAN SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X DI SMKS PRAYATNA 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193342007_Cover.pdf
Download (70kB)
7193342007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (275kB)
7193342007_Kata_Pengantar.pdf
Download (604kB)
7193342007_Abstrak.pdf
Download (487kB)
7193342007_Daftar_Isi.pdf
Download (299kB)
7193342007_Daftar_Tabel.pdf
Download (241kB)
7193342007_Daftar_Gambar.pdf
Download (240kB)
7193342007_Daftar_Lampiran.pdf
Download (242kB)
7193342007_BAB_I.pdf
Download (891kB)
7193342007_BAB_V.pdf
Download (270kB)
7193342007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (386kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada mata pelajaran akuntansi dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X SMKS Prayatna 1 Medan yang berjumlah 26 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Search, Solve, Create and Share. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk kemampuan berpikir kreatif siswa dan tes untuk hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Data kuantitatif diolah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel.
Dari observasi kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I diperoleh bahwa terdapat 6 siswa (23,1%) yang masuk dalam kategori kreatif. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 23 siswa (88,46%) yang tentunya telah memenuhi indikator keberhasilan ≥ 85 %. Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata pre test sebesar 61,28 dengan siswa yang tuntas 6 orang (23,07%). Pada post test siklus I diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata pre test sebesar 65,96 dengan siswa yang tuntas 10 orang (38,46%). Kemudian pada post test siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata rata sebesar 83,08 dengan siswa yang tuntas 24 orang (92,30%) yang mengartikan bahwa hasil perolehan telah memenuhi indikator keberhasilan ≥ 85%.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share dapat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas X di SMKS Prayatna 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar siswa, Search, Solve, Create and Share. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 May 2024 00:38 |
Last Modified: | 26 May 2024 00:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57646 |