MANURUNG, SARNIDA (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 18 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7192441015_Cover.pdf
Download (233kB)
7192441015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (436kB)
7192441015_Kata_Pengantar.pdf
Download (373kB)
7192441015_Abstrak.pdf
Download (383kB)
7192441015_Daftar_Isi.pdf
Download (268kB)
7192441015_Daftar_Tabel.pdf
Download (236kB)
7192441015_Daftar_Gambar.pdf
Download (235kB)
7192441015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (236kB)
7192441015_BAB_I.pdf
Download (678kB)
7192441015_BAB_V.pdf
Download (239kB)
7192441015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (643kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya permasalahan dimana model pembelajaran yang digunakan belum mampu mengasah kemampuan berpikir kritis siswa, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS SMA Negeri 18 Medan masih rendah. Kemudian, siswa menganggap bahwa belajar ekonomi kurang menarik karena guru jarang memanfaatkan media teknologi yaang ada dalam menunjang pembelajaran berlangsung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPS SMA Negeri 18 Medan yang berjumlah 68 siswa. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa yang diambil berdasarkan teknik insidental. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes. Kemudian uji coba instrumen tes dalam penelitian ini adalah uji validitas soal, uji reliabilitas, indeks daya pembeda, dan indeks kesukaran tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan menggunakan one sample t-test, dan peneliti melakukan analisis aspek kemampuan berpikir kritis siswa yang berkembang.
Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa: (1) Terdapat peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual pada mata pelajaran ekonomi. Nilai gain yang diperoleh berada pada kriteria tinggi sebesar 0,721 atau 72,1% pada kelas sampel SMA Negeri 18 Medan. Artinya memenuhi kriteria nilai yang telah ditetapkan yaitu >70. (2) Aspek kemampuan berpikir kritis yang terkembangkan yaitu aspek mengatur strategi dan taktik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan persentase setiap indikator aspek kemampuan berpikir kritis yang diperoleh yaitu aspek memberikan penjelasan sederhana sebesar 62,35%, aspek membangun keterampilan dasar dasar 68,09%, aspek menyimpulkan sebesar 52,45%, aspek membuat penjelasan lebih lanjut sebesar 60,05%,dan aspek terakhir yaitu aspek mengatur strategi dan taktik sebesar 76,47% pada kelas sampel SMA Negeri 18 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Audiovisual, Kemampuan Berpikir Kritis |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 26 May 2024 00:48 |
Last Modified: | 26 May 2024 00:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57644 |