PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN NHT BERBANTUAN CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 10 MEDAN

Tarigan, Yossie Camelia Sari (2023) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN NHT BERBANTUAN CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111096_Cover.pdf] Text
4193111096_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4193111096_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111096_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111096_Abstrak.pdf] Text
4193111096_Abstrak.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 4193111096_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111096_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111096_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111096_Daftar_Isi.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 4193111096_BAB_I.pdf] Text
4193111096_BAB_I.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4193111096_BAB_V.pdf] Text
4193111096_BAB_V.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4193111096_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111096_Daftar_Pustaka.pdf

Download (148kB)

Abstract

Dalam kurikulum matematika, kemampuan pemecahan masalah merupakan bagian yang sangat penting. Karena pemecahan masalah adalah sarana untuk mempelajari ide serta mengasah keterampilan dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Canva lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan Canva di kelas IX SMP Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan pseudo-eksperimental dengan menggunakan non-equivalent groups design. Penelitian menggunakan dua kelas eksperimen yaitu kelas eksperimen I diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Canva dan kelas eksperimen II diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan Canva. Instrumen penelitian yang digunakan adalah posttest yang berkaitan dengan indikator pemecahan masalah. Dari hasil perhitungan data diperoleh rata-rata posttest pada kelas eksperimen I adalah 89,82 dan pada kelas eksperimen II adalah 67,11. Data sudah teruji normal dan homogen. Lalu dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t tidak berpasangan dengan syarat uji satu pihak kanan dengan hasil yang diperoleh �ℎ�����>������ yaitu 6,88>1,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Canva lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan Canva di kelas IX SMP Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Tar p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Student teams achievement division; Numbered heads together; Pemecahan masalah matematis; Canva
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 May 2024 09:02
Last Modified: 22 May 2024 09:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57620

Actions (login required)

View Item
View Item