Pengembangan E-Modul Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Pada Materi Pendudukan Jepang di Indonesia Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2022-2023

Sihaloho, Sipriana A (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Pada Materi Pendudukan Jepang di Indonesia Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2022-2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3182121006_Cover.pdf] Text
3182121006_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 3182121006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3182121006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 3182121006_Abstrak.pdf] Text
3182121006_Abstrak.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 3182121006_Kata_Pengantar.pdf] Text
3182121006_Kata_Pengantar.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 3182121006_Daftar_Isi.pdf] Text
3182121006_Daftar_Isi.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 3182121006_Daftar_Gambar.pdf] Text
3182121006_Daftar_Gambar.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 3182121006_Daftar_Tabel.pdf] Text
3182121006_Daftar_Tabel.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 3182121006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
3182121006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 3182121006_BAB_I.pdf] Text
3182121006_BAB_I.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 3182121006_BAB_V.pdf] Text
3182121006_BAB_V.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 3182121006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3182121006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini didasari adanya permasalahan keberadaan smartphone android yang belum dioptimalkan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menghetaui tingkat kelayakan E-modul berbasis Android berbantuan Smart Apps Creator pada materi Pendudukan Jepang di Indonesia. Dengan mengetahui kelayakan dari hasil validasi materi dan validasi media, serta mengetahui respon dari siswa terhadap e-modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, dengan model yang digunakan yaitu model Bord and Gall yang dimodikasi oleh Sugiyono terdiri dari 10 tahap namun peneliti membatasi penelitian sampai 8 tahap yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produ, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, dan Uji Coba Pemakaian. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah e-modul berbasis android pada materi Pendudukan Jepang di Indonesia. Kelayakan e-modul dari ahli materi diperoleh hasil persentase dari tiga aspek maka diperoleh nilai rata-rata untuk kelayakan produk bernilai 94,61% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan ahli media modul menunjukkan bahwa hasil persentase dari satu aspek, maka diperoleh nilai rata-rata untuk kelayakan produk dari ahli media, produk bernilai 95,55% dengan kategori sangat layak. Dilihat dari respon peserta didik dari kelompok kecil dalam diperoleh hasil dari keseluruhan aspek dengan nilai rata-rata sebesar 90,65%. Dilihat dari respon peserta didik dari kelompok besar dalam diperoleh hasil dari keseluruhan aspek dengan nilai rata-rata sebesar 90,41%. Dari keseluruhan nilai yang telah diperoleh maka diketahui e-modul yang dikembangkan layak untuk digunakan oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul; Berbasis Android; Pendudukan Jepang di Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Siti Nur Fatimah
Date Deposited: 24 May 2024 17:40
Last Modified: 24 May 2024 17:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57581

Actions (login required)

View Item
View Item