Sinaga, Veronika Victoria (2023) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI SMPN 5 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111012_Cover.pdf
Download (104kB)
4191111012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (83kB)
4191111012_Abstrak.pdf
Download (62kB)
4191111012_Kata_Pengantar.pdf
Download (81kB)
4191111012_Daftar_Isi.pdf
Download (338kB)
4191111012_BAB_I.pdf
Download (196kB)
4191111012_BAB_V.pdf
Download (24kB)
4191111012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (129kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri siswa di kelas VII SMPN 5 Percut Sei Tuan. (2) Proses penyelesaian jawaban yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah pada model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas VII SMPN 5 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 SMPN 5 Percut Sei Tuan pada semester genap T.A 2022/2023 yang berjumlah 23 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi himpunan. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini adalah : (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran biasa (2) Proses penyelesaian siswa dalam menyelesaikan kemampuan komunikasi matematis adalah lebih baik dibanding dengan pembelajaran biasa. Temuan penelitian merekomendasikan bahwa pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi berfikir tingkat tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sin p |
Keywords: | Komunikasi matematis; Kepercayaan diri; Pembelajaran kooperatif; Think pair share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 May 2024 07:57 |
Last Modified: | 22 May 2024 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57563 |