PENGEMBANGANLEMBARKERJAMAHASISWA(LKM)BERBASIS STEM PADAMATERIFUNGIUNTUKMENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA

Harahap, Wenny (2023) PENGEMBANGANLEMBARKERJAMAHASISWA(LKM)BERBASIS STEM PADAMATERIFUNGIUNTUKMENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191141008_Cover.pdf] Text
4191141008_Cover.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4191141008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191141008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 4191141008_Abstrak.pdf] Text
4191141008_Abstrak.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 4191141008_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191141008_Kata_Pengantar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4191141008_Daftar_Isi.pdf] Text
4191141008_Daftar_Isi.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 4191141008_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191141008_Daftar_Gambar.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 4191141008_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191141008_Daftar_Tabel.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 4191141008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191141008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 4191141008_BAB_I.pdf] Text
4191141008_BAB_I.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 4191141008_BAB_V.pdf] Text
4191141008_BAB_V.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 4191141008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191141008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan dan
keefektifan LKM berbasis STEM pada materi fungi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop,
Disseminate). Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Tahun 2022 (PSPB 22) kelas D. Pada tahap validasi, hasil penilaian ahli materi mendapatkan persentase rata rata yaitu 90,4% dengan kategori sangat layak. Hasil penelitian ahli desain mendapatkan persentase rata-rata yaitu 81,5% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian respon dosen dengan uji
kepraktisan mendapatkan persentase rata-rata sebesar 100% dengan ketegori sangat praktis. Hasil uji keefektifan terhadap ketuntasan hasil belajar mahasiswa mendapatkan persentase 86,7% dengan kategori efektif. Untuk tingkat kemampuan berpikir kreatif mahasiswa mendapatkan persentase rata-rata 45,6% dengan kategori sangat kreatif, 28,3% dengan kategori kreatif, dan 25% dengan kategori kurang kreatif. Hal ini menunjukkan bahwa LKM yang dikembangkan sangat layak, praktis dan efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Materi fungi; Lembar kerja siswa; Berfikir kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 22 May 2024 04:31
Last Modified: 22 May 2024 04:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57558

Actions (login required)

View Item
View Item