Malau, Risdo Lambas (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 1 SIMANINDO T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193341039_Cover.pdf
Download (89kB)
4193341039_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (662kB)
4193341039_Abstrak.pdf
Download (114kB)
4193341039_Kata_Pengantar.pdf
Download (519kB)
4193341039_Daftar_Isi.pdf
Download (148kB)
4193341039_Daftar_Gambar.pdf
Download (85kB)
4193341039_Daftar_Tabel.pdf
Download (117kB)
4193341039_Daftar_Lampiran.pdf
Download (88kB)
4193341039_BAB_I.pdf
Download (313kB)
4193341039_BAB_V.pdf
Download (112kB)
4193341039_Daftar_Pustaka.pdf
Download (235kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Simanindo T.P 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) menggunakan desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 1 Simanindo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Class Random Sampling. Sampel pada penelitian ini, yakni kelas X-M 3 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievements dan kelas X-M 4 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Sampel penelitian ini berjumlah 62 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan, tes pilihan berganda untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa dan menggunakan angket observasi pada aktivitas belajar siswa . Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan Student Teams Achievement Division pada kategori baik. Berdasarkan uji Independent Sample T-Test menunjukkan thitung > ttabel yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar kognitif pada materi Keanekaragaman Hayati. Berdasarkan uji Mann Whitney menunjukkan hasil skor siginifikan (2-tailed) senilai 0,000. Maka dari itu bisa disebut bahwa 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap aktivitas belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division memberikan pengaruh positif, yakni meningkatkan hasil belajar kognitif dan Aktivitas Belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keanekaragaman hayati; Hasil belajar; Aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 22 May 2024 03:41 |
Last Modified: | 22 May 2024 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57532 |