PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAPPING DENGAN PENDEKATAN CASE STUDY PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA NEGERI 5 MEDAN

Herlanda, Rahma Fauziah (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAPPING DENGAN PENDEKATAN CASE STUDY PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131003_Cover.pdf] Text
4203131003_Cover.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4203131003_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131003_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 4203131003_Abstrak.pdf] Text
4203131003_Abstrak.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 4203131003_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131003_Kata_Pengantar.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of 4203131003_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131003_Daftar_Isi.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 4203131003_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131003_Daftar_Tabel.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 4203131003_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131003_Daftar_Gambar.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 4203131003_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131003_Daftar_Lampiran.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 4203131003_BAB_I.pdf] Text
4203131003_BAB_I.pdf

Download (751kB)
[thumbnail of 4203131003_BAB_V.pdf] Text
4203131003_BAB_V.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 4203131003_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131003_Daftar_Pustaka.pdf

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui analisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis mind mapping dengan pendekatan case study yang efektif dalam membantu siswa belajar materi termokimia di SMA Negeri 5 Medan, (2) mengetahui kelayakan e-modul yang dikembangkan menurut BSNP pada materi termokimia, (3) mengetahui respon siswa/I kelas XI MIPA terhadap e-modul yang dikembangkan, dan (4) mengetahui hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) dengan model ADDIE pada setiap tahapannya (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Analisis kebutuhan menunjukkan bahwa kelas XI MIPA menggunakan K-13 dan hanya mengandalkan buku teks untuk materi termokimia, tanpa e-modul siswa kesulitan memahami materi termokimia, terlihat dari hasil belajar siswa di bawah KKM dalam wawancara dengan guru kimia. Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh 5 validator ahli media dan ahli materi yang terdiri dari 3 dosen kimia dan 2 guru kimia. Rata-rata hasil analisis e-modul berbasis mind mapping dengan pendekatan case study yang dilakukan oleh dosen dan guru kimia yang telah dikembangkan sebesar 3,30 dengan maksimal penilaian tertinggi sebesar 4. Ini adalah kriteria sangat layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar. Berdasarkan penilaian persentase respon siswa terhadap e-modul yang telah dikembangkan sebesar 88,11% (sangat memuaskan). Menggunakan e-modul berbasis mind mapping dengan pendekatan case study pada pokok bahasan termokimia, rata-rata dari posttest sebesar 85 lebih besar dari Nilai KKM (78). Berdasarkan Tabel One Sample Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,01, dimana 0,01 < dari � (0.05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-modul, Mind Mapping, Termokimia, Pendekatan Case Study, Model ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 02:18
Last Modified: 22 May 2024 02:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57486

Actions (login required)

View Item
View Item