Herlanda, Rahma Fauziah (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIND MAPPING DENGAN PENDEKATAN CASE STUDY PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131003_Cover.pdf
Download (219kB)
4203131003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (289kB)
4203131003_Abstrak.pdf
Download (407kB)
4203131003_Kata_Pengantar.pdf
Download (464kB)
4203131003_Daftar_Isi.pdf
Download (367kB)
4203131003_Daftar_Tabel.pdf
Download (258kB)
4203131003_Daftar_Gambar.pdf
Download (259kB)
4203131003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (290kB)
4203131003_BAB_I.pdf
Download (751kB)
4203131003_BAB_V.pdf
Download (277kB)
4203131003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (479kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui analisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis mind mapping dengan pendekatan case study yang efektif dalam membantu siswa belajar materi termokimia di SMA Negeri 5 Medan, (2) mengetahui kelayakan e-modul yang dikembangkan menurut BSNP pada materi termokimia, (3) mengetahui respon siswa/I kelas XI MIPA terhadap e-modul yang dikembangkan, dan (4) mengetahui hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) dengan model ADDIE pada setiap tahapannya (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Analisis kebutuhan menunjukkan bahwa kelas XI MIPA menggunakan K-13 dan hanya mengandalkan buku teks untuk materi termokimia, tanpa e-modul siswa kesulitan memahami materi termokimia, terlihat dari hasil belajar siswa di bawah KKM dalam wawancara dengan guru kimia. Produk yang dikembangkan telah divalidasi oleh 5 validator ahli media dan ahli materi yang terdiri dari 3 dosen kimia dan 2 guru kimia. Rata-rata hasil analisis e-modul berbasis mind mapping dengan pendekatan case study yang dilakukan oleh dosen dan guru kimia yang telah dikembangkan sebesar 3,30 dengan maksimal penilaian tertinggi sebesar 4. Ini adalah kriteria sangat layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar. Berdasarkan penilaian persentase respon siswa terhadap e-modul yang telah dikembangkan sebesar 88,11% (sangat memuaskan). Menggunakan e-modul berbasis mind mapping dengan pendekatan case study pada pokok bahasan termokimia, rata-rata dari posttest sebesar 85 lebih besar dari Nilai KKM (78). Berdasarkan Tabel One Sample Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,01, dimana 0,01 < dari � (0.05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-modul, Mind Mapping, Termokimia, Pendekatan Case Study, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:18 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57486 |