Panjaitan, Siti Nabila (2023) Pengembangan LKPD Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Peserta didik SMP IT Indah Medan. Masters thesis, UNIMED.
8206172021_Cover.pdf
Download (95kB)
8206172021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
8206172021_Abstrak.pdf
Download (199kB)
8206172021_Kata_Pengantar.pdf
Download (183kB)
8206172021_Daftar_Isi.pdf
Download (118kB)
8206172021_Daftar_Tabel.pdf
Download (64kB)
8206172021_Daftar_Gambar.pdf
Download (34kB)
8206172021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
8206172021_BAB_I.pdf
Download (880kB)
8206172021_BAB_V.pdf
Download (126kB)
8206172021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (242kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan E-LKPD berbasis Problem solving yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar peserta didik, (2) menganalisis dan menyimpulkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan E-LKPD berbasis Problem solving, (3) menganalisis dan menyimpulkan peningkatan kemandirian belajar peserta didik menggunakan E-LKPD berbasis Problem solving. Penelitian ini menggunakan model pengembangan (development & research) dengan menggunakan mode 4-D Thiagaradjan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP IT Indah Medan tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) E-LKPD berbasis problem solving yang dikembangkan dinyatakan valid, efektif; 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SMP IT Indah Medan yang diajarkan dengan menggunak an Elektronik LKPD (ELKPD) berbasis problem solving dinyatakan meningkat dari uji coba I ke Uji coba II dilihat dari nilai N-Gain pada uji coba I sebesar 0,501 (sedang) meningkat menjadi 0,576 (sedang) pada uji coba II; 3) Peningkatan kemandirian belajar peserta didik di SMP IT Indah Medan yang diajarkan dengan menggunakan Elektronik LKPD (ELKPD) berbasis problem solving dinyatakan meningkat dari uji coba I ke Uji coba II dilihat dari nilai N-Gain pada uji coba I sebesar 0,489 (sedang) meningkat menjadi 0,50 (sedang) pada uji coba II.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Pan p |
Keywords: | Problem solving, pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 May 2024 10:11 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57447 |