Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Batak dalam Membentuk Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IV SDIT Alam Arrozaq Rantauprapat

Sirait, Sakdiyah (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Batak dalam Membentuk Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IV SDIT Alam Arrozaq Rantauprapat. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206122010_Cover.pdf] Text
8206122010_Cover.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 8206122010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206122010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of 8206122010_Abstrak.pdf] Text
8206122010_Abstrak.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8206122010_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206122010_Kata_Pengantar.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 8206122010_Daftar_Isi.pdf] Text
8206122010_Daftar_Isi.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 8206122010_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206122010_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8206122010_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206122010_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 8206122010_BAB_I.pdf] Text
8206122010_BAB_I.pdf

Download (786kB)
[thumbnail of 8206122010_BAB_V.pdf] Text
8206122010_BAB_V.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 8206122010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206122010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (419kB)

Abstract

Penelitian ini pengembangan ini menggunakan model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui Model Pembelajaran Berbasis Budaya Batak yang telah dikembangkan valid untuk digunakan dalam Membentuk Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Alam Arrazaq Rantauprapat, 2) untuk mengetahui Model Pembelajaran Berbasis Budaya Batak yang dikembangkan Efektif dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Alam Arrazaq Rantauprapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku model pembelajaran “SAGIA” berbasis budaya Batak mendapatkan rata-rata skor 3,88 dengan persentase 77,69% yang dapat dikatakan dalam kategori Sangat Layak. Penilaian afektif siswa kelas IV SD Islam Terpadu Alam Arrozaq menunjukkan “Sedang” dimana nilai-nilai karakter berbudaya telah dicapai dalam tahap kemajuan. Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada pengembangan model pembelajaran yang terintegrasi dengan bahan ajar PPKn berbasis budaya Batak. Keterbatasan dalam penelitian ini terletak pada substansi materi kebudayaan Batak Toba yang lebih diperdalam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran karakter siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Sir p
Keywords: Model Pembelajaran, Budaya Batak, Karakter, PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2024 09:11
Last Modified: 22 May 2024 01:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57438

Actions (login required)

View Item
View Item