Tambunan, Mychell Yesh Kiel Tora (2023) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru PPKn Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 37 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
3193311026_Cover.pdf
Download (234kB)
3193311026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (538kB)
3193311026_Abstrak.pdf
Download (356kB)
3193311026_Kata_Pengantar.pdf
Download (398kB)
3193311026_Daftar_Isi.pdf
Download (254kB)
3193311026_Daftar_Tabel.pdf
Download (227kB)
3193311026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (226kB)
3193311026_BAB_I.pdf
Download (629kB)
3193311026_BAB_V.pdf
Download (280kB)
3193311026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (501kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kompetensi Profesional Guru PPKn Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 37 Medan. Adapun jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian korelasional. Dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif memiliki dua variabel yaitu x (kompetensi profesional guru) dan y (hasil belajar). Penelitian kuantitatif menggunakan instrumen yang menghasilkan data numerikal (angka). Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 37 Medan Kelas VIII Tahun ajaran 2022/2023, yang beralamat Jl. Timor No 36.B Gaharu, Kec Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 37 siswa dengan random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan angket,test hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dengan metode kuantitatif statistik dengan menggunakan perhitungan rumus product moment. Hasi penelitian menunjukan katagori sedang 34,81% pengaruh kompetensi profesional guru ppkn dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 37 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dari perhitungan koefisien korelasi antara variabel x dan variabel y diketahui bahwa nilai rhitung adalah sebesar 0,590. Apabila nilai ini dibandingkan dengan nilai rtabel pada signifikan 5% dengan n=37 adalah 0,325, sesuai dengan dasar pengambilan keputusan, jika rhitung lebih besar dari rtabel (rhitung >rtabel ) atau 0,590>0,325 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi profesional guru ppkn dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 37 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kompetensi Profesional Guru, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 22 May 2024 01:25 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57417 |