PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (STM) TERHADAP KEMAMPUAN HOTS LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMP NEGERI 4 MEDAN

Br Silaban, Thio Aklesya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (STM) TERHADAP KEMAMPUAN HOTS LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMP NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192451010_Cover.pdf] Text
4192451010_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4192451010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192451010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of 4192451010_Abstrak.pdf] Text
4192451010_Abstrak.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 4192451010_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192451010_Kata_Pengantar.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 4192451010_Daftar_Isi.pdf] Text
4192451010_Daftar_Isi.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4192451010_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192451010_Daftar_Tabel.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4192451010_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192451010_Daftar_Gambar.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4192451010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192451010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 4192451010_BAB_I.pdf] Text
4192451010_BAB_I.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 4192451010_BAB_V.pdf] Text
4192451010_BAB_V.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4192451010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192451010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan ranah kognitif yang paling terkembangkan melalui model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada materi kalor dan perpindahannya. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel (random sampling). Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua, kelas eksperimen dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dan kelas kontrol dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan HOTS literasi sains yang telah divalidasi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan memenuhi syarat validasi isi, tingkat kesukaran, daya beda dan reabilitas, dimana diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,80 > 0,361. Data pretest dan posttest serta peningkatan kemampuan HOTS literasi sains yang diperoleh kedua kelompok sampel homogen dan terdistribusi normal. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 36,88 dan postest sebesar 86,72 sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas kontrol sebesar 35 dan postest sebesar 79,85. Adapun hasil perolehan rata-rata nilai peningkatan kemampuan HOTS literasi sains peserta didik (gain) pada kelas eksperimen adalah sebesar 0,78 (78%) sedangkan peningkatan kemampuan HOTS literasi sains peserta didik (gain) pada kelas kontrol adalah sebesar 0,69 (69%). Untuk menarik kesimpulan maka dilakukan Uji hipotesis menggunakan uji t-satu pihak yaitu t pihak kanan pada taraf signifikasi 5% (∝ = 0,05), diperoleh bahwa �ℎ����� > � ����� (2,25 > 2,0003) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Model pembelajaran STM memberikan peningkatan kemampuan HOTS literasi sains terhadap peserta didik lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Pada kelas eksperimen dari C4 (Analisis) pencapaiannya sebesar 30% pada C5 (Sintesis) Diperoleh 76% dan pada C6 (Evaluasi) diperoleh pencapaian nya sebesar 78%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat, Kemampuan HOTS Literasi Sains, Kalor dan Perpindahannya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 08:15
Last Modified: 21 May 2024 08:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57410

Actions (login required)

View Item
View Item