Ardiani, Shakila Khaira (2024) PENGARUH MEDIA AUDIO-VISUAL SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII IPA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA MTS N 2 MEDAN T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191151009_Cover.pdf
Download (453kB)
4191151009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (996kB)
4191151009_Abstrak.pdf
Download (773kB)
4191151009_Kata_Pengantar.pdf
Download (594kB)
4191151009_Daftar_Isi.pdf
Download (716kB)
4191151009_Daftar_Tabel.pdf
Download (565kB)
4191151009_Daftar_Gambar.pdf
Download (565kB)
4191151009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (566kB)
4191151009_BAB_I.pdf
Download (740kB)
4191151009_BAB_V.pdf
Download (589kB)
4191151009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (661kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio-visual sparkol videoscribe terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ialah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan yang berjumlah 13 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan perolehan kelas sampel yaitu kelas VIII10 berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII11 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal. Berdasarkan hasil analisis kelas eksperimen nilai rata-rata Pretes dan Postes sebesar 52,67 dan 90 sementara hasil analisis kelas kontrol memiliki nilai rata-rata Pretes dan Postes sebesar 50 dan 83,33. Persentase peningkatan n-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 76,76% pada kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 667,13% pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio-visual sparkol videoscribe terhadap hasil belajar siswa kelas VIII IPA pada materi sistem pencernaan manusia MTs Negeri 2 Medan T.P 2023/2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Sparkol Videoscrobe, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 08:03 |
Last Modified: | 21 May 2024 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57402 |