Angelina, Reggie (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKANMATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111056_Cover.pdf
Download (42kB)
4193111056_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (134kB)
4193111056_Abstrak.pdf
Download (63kB)
4193111056_Kata_Pengantar.pdf
Download (152kB)
4193111056_Daftar_Isi.pdf
Download (178kB)
4193111056_BAB_I.pdf
Download (182kB)
4193111056_BAB_V.pdf
Download (123kB)
4193111056_Daftar_Pustaka.pdf
Download (77kB)
Abstract
Penelitian yang dilakukan dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 15 Medan. Berdasarkan data awal, hanya 26% siswa yang memenuhi kriteria kemampuan komukasi matematis cukup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan pendidikan matematika realistik berbantuan Autograph dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada peserta didik kelas VIII SMP. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 15 Medan tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 31 peserta didik. Sementara objek yang diambil dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 15 Medan tahun ajaran 2022/2023 setelah diterapkannya pendekatan pendidikan matematika realistik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes awal, observasi, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Data yang dihasilkan dianalisis dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, paparan data, dan simpulan data. Dalam penelitian ini, peneliti juga mengamati kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PMR. Kedua hasil observasi yang dianalisis dengan statistik deskriptif sehingga menunjukkan hasil dari pengamatan dapat dikategorikan dalam kelompok aktif dan baik. Sementara siswa memberikan respon yang positif dalam penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik ini. Kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkannya pendekatan pembelajaran matematika realistik mengalami peningkatan rata-rata kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Ang p |
Keywords: | Pendidikan matematika realistik; Komunikasi matematis; Autograph; Teorema pythagoras |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:38 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57374 |