PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKANMATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII SMP

Angelina, Reggie (2023) PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKANMATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111056_Cover.pdf] Text
4193111056_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4193111056_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111056_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4193111056_Abstrak.pdf] Text
4193111056_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4193111056_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111056_Kata_Pengantar.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 4193111056_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111056_Daftar_Isi.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 4193111056_BAB_I.pdf] Text
4193111056_BAB_I.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 4193111056_BAB_V.pdf] Text
4193111056_BAB_V.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4193111056_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111056_Daftar_Pustaka.pdf

Download (77kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 15 Medan. Berdasarkan data awal, hanya 26% siswa yang memenuhi kriteria kemampuan komukasi matematis cukup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan pendidikan matematika realistik berbantuan Autograph dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada peserta didik kelas VIII SMP. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 15 Medan tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 31 peserta didik. Sementara objek yang diambil dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 15 Medan tahun ajaran 2022/2023 setelah diterapkannya pendekatan pendidikan matematika realistik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes awal, observasi, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Data yang dihasilkan dianalisis dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, paparan data, dan simpulan data. Dalam penelitian ini, peneliti juga mengamati kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PMR. Kedua hasil observasi yang dianalisis dengan statistik deskriptif sehingga menunjukkan hasil dari pengamatan dapat dikategorikan dalam kelompok aktif dan baik. Sementara siswa memberikan respon yang positif dalam penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik ini. Kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkannya pendekatan pembelajaran matematika realistik mengalami peningkatan rata-rata kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Ang p
Keywords: Pendidikan matematika realistik; Komunikasi matematis; Autograph; Teorema pythagoras
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 07:38
Last Modified: 21 May 2024 07:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57374

Actions (login required)

View Item
View Item