PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII – A SMP NEGERI 1 STABAT

Ananda, Radika (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII – A SMP NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111013_Cover.pdf] Text
4191111013_Cover.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 4191111013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 4191111013_Abstrak.pdf] Text
4191111013_Abstrak.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of 4191111013_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111013_Kata_Pengantar.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of 4191111013_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111013_Daftar_Isi.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of 4191111013_BAB_I.pdf] Text
4191111013_BAB_I.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 4191111013_BAB_V.pdf] Text
4191111013_BAB_V.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 4191111013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (237kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII – A SMP Negeri 1 Stabat pada materi SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII – A SMP Negeri 1 Stabat yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi SPLDV di SMP Negeri 1 Stabat tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata – rata nilai tes awal sebesar 47,11 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 4 siswa (13,33%) dan siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 26 siswa (86,67%). Maka dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I dan adanya peningkatan pada tes kemampuan pemecahan masalah dengan nilai rata – rata 63,44 dengan jumlah ketuntasan 19 siswa atau sebanyak (63,33%). Kemudian siswa yang belum mencapai pada ketuntasan yaitu 11 siswa atau sebanyak (36,67%). Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata – rata tes kemampuan pemecahan masalah siswa adalah 84,11, dengan jumlah ketuntasan yaitu 26 siswa atau sebanyak (86,67%) dan jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 4 siswa atau sebanyak (13,33%). Tingkat ketuntasan siswa dari tes kemampuan pemecahan masalah yang diberikan pada siklus II mencapai pada kategori baik, oleh karena itu dapat dikatakan bahwa pembelajaran telah tercapai. Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah mencapai lebih dari 85% siswa yang telah tuntas untuk memecahkan masalah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Ana p
Keywords: Pemecahan masalah matematis; Problem based learning; Persamaan linier dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 07:32
Last Modified: 21 May 2024 07:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57366

Actions (login required)

View Item
View Item