PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

Sinaga, Yesi Herawati Elisabet (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4181121002_Cover.pdf] Text
4181121002_Cover.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4181121002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4181121002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (979kB)
[thumbnail of 4181121002_Abstrak.pdf] Text
4181121002_Abstrak.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 4181121002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4181121002_Kata_Pengantar.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 4181121002_Daftar_Isi.pdf] Text
4181121002_Daftar_Isi.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of 4181121002_Daftar_Tabel.pdf] Text
4181121002_Daftar_Tabel.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of 4181121002_Daftar_Gambar.pdf] Text
4181121002_Daftar_Gambar.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of 4181121002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4181121002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of 4181121002_BAB_I.pdf] Text
4181121002_BAB_I.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 4181121002_BAB_V.pdf] Text
4181121002_BAB_V.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4181121002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4181121002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbantuan PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa pada materi Elastisistas dan Hukum Hooke di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian termasuk quasi eksperimen dengan desain two-group pretest dan post-test, populasi penelitian ini adalah semua kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Blended Learning berbantuan PhET Simulation, dengan jumlah siswa tiap kelas adalah 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar Tes hasil belajar terdiri dari 10 soal essay yang terlebih dahulu di validkan oleh validator. Data awal penelitian diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 35,87 dan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol adalah 38.10 Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Blended Learning berbantuan PhET Simulation dan dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Diakhir materi diberikan post-test sehingga diperoleh rata-rata di kelas eksperimen 78,07 dan rata-rata kelas kontrol 68,20. Dari data tersebut diperoleh thitung<ttabel (6,90<1,67). Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran Blended Learning berbantuan simulasi PhET pada materi usaha dan energi terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Blended Learning, Simulasi PhET, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 07:14
Last Modified: 21 May 2024 07:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57357

Actions (login required)

View Item
View Item