Panjaitan, Dina Glenia (2023) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X SMA S PAB 8 SAENTIS T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4183341019_Cover.pdf
Download (134kB)
4183341019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (663kB)
4183341019_Abstrak.pdf
Download (241kB)
4183341019_Kata_Pengantar.pdf
Download (366kB)
4183341019_Daftar_Isi.pdf
Download (366kB)
4183341019_Daftar_Gambar.pdf
Download (211kB)
4183341019_Daftar_Tabel.pdf
Download (212kB)
4183341019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (316kB)
4183341019_BAB_I.pdf
Download (518kB)
4183341019_BAB_V.pdf
Download (640kB)
4183341019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (379kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan LKPD dan tanpa LKPD pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA S PAB 8 Saentis. Jenis penelitian ini adalah quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonquivalent Control Group. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas X SMAS PAB 8 Saentis T.P 2022/2023 yang berjumlah 6 kelas dengan jumlah 130 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelas X-1 yang berjumlah 24 orang yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan LKPD dan X-2 yang berjumlah 25 orang yang diberikan perlakuan dengan model PBL tanpa LKPD, kedua sampel dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang dingunakan berupa test hasil belajar berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 25 soal yang telah divalidasi terlebih dahulu. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dingunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas Eksperimen I (X-1) yakni 82,16 lebih tinggi dibandingkan kelas Eksperimen II (X-2) dengan nilai 75,04. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dengan menggunakan LKPD memiliki kenaikan lebih tinggi dengan persentasi kenaikan sebesar 49,89%. Berdasarkan hasil uji hipotestis didapatkan bahwasanya nilai signifikansi pada data test akhir 0,003 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan LKPD dan tanpa LKPD pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA S PAB 8 Saentis T.P 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keanekaragaman hayati; Peserta didik; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:06 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57351 |