Camelia, Naomi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP COMPUTATIONAL THINKING BERBANTUAN KAHOOT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311019_Cover.pdf
Download (199kB)
4193311019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (472kB)
4193311019_Abstrak.pdf
Download (248kB)
4193311019_Kata_Pengantar.pdf
Download (321kB)
4193311019_Daftar_Isi.pdf
Download (212kB)
4193311019_BAB_I.pdf
Download (222kB)
4193311019_BAB_V.pdf
Download (44kB)
4193311019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (170kB)
Abstract
Dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning dan bantuan Kahoot, penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengidentifikasi kecerdasan Computational Thinking yang dimiliki siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Binjai. Matematika berpikir adalah keterampilan yang membantu dalam pemecahan masalah selama proses belajar. Matematika berpikir juga saling menguntungkan dengan perkembangan pembelajaran sains dan matematika. Seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Binjai tahun ajaran 2023–2024 adalah subjek penelitian ini. Studi ini melibatkan 32 siswa dari kelas VIII-7 sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa dari kelas VIII-9 sebagai kelompok kontrol. Untuk analisis data, penelitian ini menggunakan desain Grup Kontrol Pre Test-Post Test. Uji t dan uji regresi linier sederhana digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Kahoot menunjukkan kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa. Ini disebabkan oleh fakta bahwa model pembelajaran ini meningkatkan kemampuan Computational Thinking kognitif dibandingkan dengan model pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Cam p |
Keywords: | Problem based learning; Kahoot; Computational thinking; Barisan; Deret; Aritmatika; Geometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:12 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57332 |