PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP COMPUTATIONAL THINKING BERBANTUAN KAHOOT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINJAI

Camelia, Naomi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP COMPUTATIONAL THINKING BERBANTUAN KAHOOT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311019_Cover.pdf] Text
4193311019_Cover.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4193311019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 4193311019_Abstrak.pdf] Text
4193311019_Abstrak.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4193311019_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311019_Kata_Pengantar.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 4193311019_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311019_Daftar_Isi.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4193311019_BAB_I.pdf] Text
4193311019_BAB_I.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 4193311019_BAB_V.pdf] Text
4193311019_BAB_V.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 4193311019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (170kB)

Abstract

Dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning dan bantuan Kahoot, penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengidentifikasi kecerdasan Computational Thinking yang dimiliki siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Binjai. Matematika berpikir adalah keterampilan yang membantu dalam pemecahan masalah selama proses belajar. Matematika berpikir juga saling menguntungkan dengan perkembangan pembelajaran sains dan matematika. Seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Binjai tahun ajaran 2023–2024 adalah subjek penelitian ini. Studi ini melibatkan 32 siswa dari kelas VIII-7 sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa dari kelas VIII-9 sebagai kelompok kontrol. Untuk analisis data, penelitian ini menggunakan desain Grup Kontrol Pre Test-Post Test. Uji t dan uji regresi linier sederhana digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Kahoot menunjukkan kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa. Ini disebabkan oleh fakta bahwa model pembelajaran ini meningkatkan kemampuan Computational Thinking kognitif dibandingkan dengan model pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Cam p
Keywords: Problem based learning; Kahoot; Computational thinking; Barisan; Deret; Aritmatika; Geometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 06:12
Last Modified: 21 May 2024 06:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57332

Actions (login required)

View Item
View Item