PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GERAK LURUS

Br. Sebayang, Jesika (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GERAK LURUS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173321024_Cover.pdf] Text
4173321024_Cover.pdf

Download (815kB)
[thumbnail of 4173321024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173321024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4173321024_Abstrak.pdf] Text
4173321024_Abstrak.pdf

Download (698kB)
[thumbnail of 4173321024_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173321024_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4173321024_Daftar_Isi.pdf] Text
4173321024_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4173321024_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173321024_Daftar_Tabel.pdf

Download (862kB)
[thumbnail of 4173321024_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173321024_Daftar_Gambar.pdf

Download (785kB)
[thumbnail of 4173321024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173321024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4173321024_BAB_I.pdf] Text
4173321024_BAB_I.pdf

Download (930kB)
[thumbnail of 4173321024_BAB_V.pdf] Text
4173321024_BAB_V.pdf

Download (699kB)
[thumbnail of 4173321024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173321024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (816kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis Hots untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gerak lurus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Taman Siswa Medan. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development menggunakan model 4D dengan tahapan define,design,development, dan dibatasi pada tahapan dessimate. Tahapan development menghasilkan produk akhir berupa 11 butir soal yang baik dari rancangan awal 15 soal. Butir dikatakan baik karena telah valid dan realibel. Hasil reabilitas yang di dapat memiliki korelasi tinggi dengan nilai 0,698 dengan varian total sebesar 209,396 meliputi 30 responden. Hasil daya beda pada penelitian ini adalah 45,5 % mempunyai kriteria cukup, 36,4 % kriteria kurang dan 18,2% mempunyai kriteria sangat baik. Hasil dari tingkat kesukaran butir soal didapati bahwa 10 soal termasuk kategori sedang dan 1 soal termasuk kategori sukar. Adapun hasil dari penelitian pada uji respon siswa didapati hasil yang sangat baik untuk setiap butir soal, sehingga instrument tes berbasis Hots untuk mengukur kemampuan berpikir kritis telah layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: instrumen tes, gerak lurus, pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 06:27
Last Modified: 21 May 2024 06:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57320

Actions (login required)

View Item
View Item