Br. Sebayang, Jesika (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HOTS UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GERAK LURUS. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4173321024_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173321024_Cover.pdf
Download (815kB)
![[thumbnail of 4173321024_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173321024_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (198kB)
![[thumbnail of 4173321024_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173321024_Abstrak.pdf
Download (698kB)
![[thumbnail of 4173321024_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173321024_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 4173321024_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173321024_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 4173321024_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173321024_Daftar_Tabel.pdf
Download (862kB)
![[thumbnail of 4173321024_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173321024_Daftar_Gambar.pdf
Download (785kB)
![[thumbnail of 4173321024_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173321024_Daftar_Lampiran.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 4173321024_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173321024_BAB_I.pdf
Download (930kB)
![[thumbnail of 4173321024_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173321024_BAB_V.pdf
Download (699kB)
![[thumbnail of 4173321024_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4173321024_Daftar_Pustaka.pdf
Download (816kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis Hots untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gerak lurus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Taman Siswa Medan. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development menggunakan model 4D dengan tahapan define,design,development, dan dibatasi pada tahapan dessimate. Tahapan development menghasilkan produk akhir berupa 11 butir soal yang baik dari rancangan awal 15 soal. Butir dikatakan baik karena telah valid dan realibel. Hasil reabilitas yang di dapat memiliki korelasi tinggi dengan nilai 0,698 dengan varian total sebesar 209,396 meliputi 30 responden. Hasil daya beda pada penelitian ini adalah 45,5 % mempunyai kriteria cukup, 36,4 % kriteria kurang dan 18,2% mempunyai kriteria sangat baik. Hasil dari tingkat kesukaran butir soal didapati bahwa 10 soal termasuk kategori sedang dan 1 soal termasuk kategori sukar. Adapun hasil dari penelitian pada uji respon siswa didapati hasil yang sangat baik untuk setiap butir soal, sehingga instrument tes berbasis Hots untuk mengukur kemampuan berpikir kritis telah layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | instrumen tes, gerak lurus, pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:27 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57320 |