PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN METODE GUIDED TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS

Sari, Indah Permata (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN METODE GUIDED TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191121007_Cover.pdf] Text
4191121007_Cover.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4191121007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191121007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (834kB)
[thumbnail of 4191121007_Abstrak.pdf] Text
4191121007_Abstrak.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 4191121007_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191121007_Kata_Pengantar.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 4191121007_Daftar_Isi.pdf] Text
4191121007_Daftar_Isi.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 4191121007_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191121007_Daftar_Tabel.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 4191121007_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191121007_Daftar_Gambar.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 4191121007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191121007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 4191121007_BAB_I.pdf] Text
4191121007_BAB_I.pdf

Download (494kB)
[thumbnail of 4191121007_BAB_V.pdf] Text
4191121007_BAB_V.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 4191121007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191121007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (314kB)

Abstract

Pemilihan model dan metode pembelajaran yang kurang tepat menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode guided teaching pada materi fluida statis, mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi fluida statis, dan mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan metode guided teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA MAN 1 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling yaang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang berjumlah 8 soal dalam bentuk tes esai. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen 70,07 dan kelas kontrol 53,52. Analisis uji t menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan metode guided teaching berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model pembelajaran berbasis masalah, guided teaching, kemampuan pemecahan masalah, fluida statis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 06:29
Last Modified: 21 May 2024 06:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57315

Actions (login required)

View Item
View Item