Cahyo, Rio Dwi (2022) ANALISIS KERAJINAN TANGAN DARI SEDOTAN PLASTIK PADA SISWA KELAS X AL-WASHLIYAH 30 BINJAI DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP SENI RUPA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 214215109 COVER.pdf
Download (64kB)
2. NIM. 2142151009 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM. 214215109 ABSTRACK.pdf
Download (207kB)
4. NIM. 2142151009 PREFACE.pdf
Download (248kB)
5. NIM. 2142151009 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (212kB)
6. NIM. 2142151009 TABLES.pdf
Download (174kB)
7. NIM. 2142151009 ILLUSTRATION.pdf
Download (180kB)
8. NIM. 2142151009 APPENDICES.pdf
Download (174kB)
9. NIM. 2142151009 CHAPTER I.pdf
Download (330kB)
13. NIM. 2142151009 CHAPTER V.pdf
Download (239kB)
14. NIM. 2142151009 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (251kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil karya siswa yaitu karya kerajinan tangan dari sedotan plastik ditinjau dari beberapa aspek prinsip-prinsip seni rupa yaitu keseimbangan, irama, dan komposisi dikelas X Al-Washliyah 30 Binjai.
Penelitian ini dilaksanakan di Al-Washliyah 30 Binjai dengan subjek dalam penelitian ini adalah hasil karya siswa kelas X dengan populasi 120 orang dan sampel 33 karya. Dari data yang diperoleh maka dilakukan pengumpulan data melalui lembar pengamatan sebagai penilaian pada hasil karya yang berdasarkan pada aspek keseimbangan, irama, dan komposisi. Penilaian karya dilakuka oleh ketiga penilai, diantaranya 1 orang dosen Seni Rupa dan 2 orang guru Seni Budaya Keterampilan. Hasil data yang telah diperoleh maka dihitung nilai rata- rata dari setiap karya berdasarkan aspek keseimbangan, irama, dan komposisi yang dikategorikan pada nilai 86-100 Sangat baik (A), 81-85 Sangat bak (A-), 76- 80 Baik (B+), 71-75 Baik (B), 66-70 Baik (B-), 61-65 Cukup (C+), 56-60 Cukup
(C) , 46-50 Kurang (D+), 0-45 Sangat Kurang (D).
Hasil Analisis Karya kerajinan tangan siswa kelas X Al-Washliyah 30 Binjai ditinjau dari prinsip-prinsip seni rupa dapat disimpulkan bahwa hasil karya siswa telah memenuhi batas kelulusan yaitu hasil keseluruhan karya dengan nilai rata- rata = 82 dengan kategori sangat baik (A-). Kategori penilaian berdasarkan aspek keseimbangan dari keseluruhan siswa dengan rata-rata = 82, aspek irama dari keseluruhan siswa dengan rata-rata = 83, dan aspek komposisi dari keseluruhan siswa dengan nilai rata-rata = 82
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis; Keseimbangan; Irama; Komposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:23 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57313 |