PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERPIKIR KRITIS PADA MATERI VEKTOR DI KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN

Sitorus, Gabriel Habel (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERPIKIR KRITIS PADA MATERI VEKTOR DI KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193121020_Cover.pdf] Text
4193121020_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4193121020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193121020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 4193121020_Abstrak.pdf] Text
4193121020_Abstrak.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4193121020_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193121020_Kata_Pengantar.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 4193121020_Daftar_Isi.pdf] Text
4193121020_Daftar_Isi.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 4193121020_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193121020_Daftar_Tabel.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4193121020_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193121020_Daftar_Gambar.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4193121020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193121020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4193121020_BAB_I.pdf] Text
4193121020_BAB_I.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4193121020_BAB_V.pdf] Text
4193121020_BAB_V.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 4193121020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193121020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (176kB)

Abstract

Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, peserta didik dituntut untuk terampil berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMAN 5 Medan, penilaian belum berorientasi pada keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes yang dapat mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik yang valid dan reliabel. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah research and development model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Secara ringkas, tahap-tahap yang dilakukan dalam pengembangan yang dilakukan, yaitu 1) identifikasi dan analisis masalah, 2) merancang instrumen tes berpikir kritis, 3) mengembangkan instrumen tes berpikir kritis hingga layak diujikan, 4) menguji instrumen tes berpikir kritis pada skala kecil dan besar, dan 5) menganalisis kelayakan instrumen tes dan kualitas butir tes. Hasil yang ditunjukkan dari penelitian ini adalah instrumen tes berpikir kritis yang dikembangkan berbentuk uraian, memenuhi syarat instrumen tes yang baik, dan memenuhi syarat kelayakan butir tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode pembelajaran; Hasil belajar; Insturmen pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 06:25
Last Modified: 21 May 2024 06:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57303

Actions (login required)

View Item
View Item