Sitorus, Gabriel Habel (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERPIKIR KRITIS PADA MATERI VEKTOR DI KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4193121020_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193121020_Cover.pdf
Download (40kB)
![[thumbnail of 4193121020_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193121020_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (449kB)
![[thumbnail of 4193121020_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193121020_Abstrak.pdf
Download (99kB)
![[thumbnail of 4193121020_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193121020_Kata_Pengantar.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of 4193121020_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193121020_Daftar_Isi.pdf
Download (133kB)
![[thumbnail of 4193121020_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193121020_Daftar_Tabel.pdf
Download (74kB)
![[thumbnail of 4193121020_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193121020_Daftar_Gambar.pdf
Download (74kB)
![[thumbnail of 4193121020_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193121020_Daftar_Lampiran.pdf
Download (74kB)
![[thumbnail of 4193121020_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193121020_BAB_I.pdf
Download (255kB)
![[thumbnail of 4193121020_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193121020_BAB_V.pdf
Download (95kB)
![[thumbnail of 4193121020_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4193121020_Daftar_Pustaka.pdf
Download (176kB)
Abstract
Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, peserta didik dituntut untuk terampil berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMAN 5 Medan, penilaian belum berorientasi pada keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes yang dapat mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik yang valid dan reliabel. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah research and development model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Secara ringkas, tahap-tahap yang dilakukan dalam pengembangan yang dilakukan, yaitu 1) identifikasi dan analisis masalah, 2) merancang instrumen tes berpikir kritis, 3) mengembangkan instrumen tes berpikir kritis hingga layak diujikan, 4) menguji instrumen tes berpikir kritis pada skala kecil dan besar, dan 5) menganalisis kelayakan instrumen tes dan kualitas butir tes. Hasil yang ditunjukkan dari penelitian ini adalah instrumen tes berpikir kritis yang dikembangkan berbentuk uraian, memenuhi syarat instrumen tes yang baik, dan memenuhi syarat kelayakan butir tes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode pembelajaran; Hasil belajar; Insturmen pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:25 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57303 |