PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN

Filbertha, Michelle Ivana (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183311037_Cover.pdf] Text
4183311037_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4183311037_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183311037_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 4183311037_Abstrak.pdf] Text
4183311037_Abstrak.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4183311037_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183311037_Kata_Pengantar.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 4183311037_Daftar_Isi.pdf] Text
4183311037_Daftar_Isi.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4183311037_BAB_I.pdf] Text
4183311037_BAB_I.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 4183311037_BAB_V.pdf] Text
4183311037_BAB_V.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 4183311037_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183311037_Daftar_Pustaka.pdf

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa kelas XI IPA-6 SMA Negeri 11 Medan dengan penerapan model pembelajaran open ended dan untuk mengetahui bagaimana proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal terkait dengan kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa setelah diterapkanya pembelajaran berbasis model pembelajaran open ended. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa di akhir setiap siklus dan lembar pengamatan terhadap kegiatan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa tergolong pada peningkatan kriteria sedang dengan masing-masing nilai rata-rata N-gain yaitu 0,53 dan 0,49. Serta persentase ketuntasan klasikal kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkannya siklus I adalah meningkat menjadi 19,44% dan setelah diterapkannya tindakan siklus II meningkat menjadi 86,11%. Serta persentase ketuntasan klasikal kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkannya tindakan siklus I adalah meningkat menjadi 27,78% dan setelah diterapkannya tindakan siklus II meningkat menjadi 91,67%; (2) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa dapat dikatakan sudah baik. Hal ini dilihat dari adanya keberagaman proses jawaban yang dimiliki siswa dan terjadi peningkatan pada kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Fil p
Keywords: Open ended; Berpikir kreatif; Penalaran matematis; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 03:57
Last Modified: 21 May 2024 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57274

Actions (login required)

View Item
View Item