Filbertha, Michelle Ivana (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4183311037_Cover.pdf
Download (42kB)
4183311037_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (369kB)
4183311037_Abstrak.pdf
Download (78kB)
4183311037_Kata_Pengantar.pdf
Download (130kB)
4183311037_Daftar_Isi.pdf
Download (100kB)
4183311037_BAB_I.pdf
Download (320kB)
4183311037_BAB_V.pdf
Download (76kB)
4183311037_Daftar_Pustaka.pdf
Download (158kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa kelas XI IPA-6 SMA Negeri 11 Medan dengan penerapan model pembelajaran open ended dan untuk mengetahui bagaimana proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal terkait dengan kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa setelah diterapkanya pembelajaran berbasis model pembelajaran open ended. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa di akhir setiap siklus dan lembar pengamatan terhadap kegiatan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa tergolong pada peningkatan kriteria sedang dengan masing-masing nilai rata-rata N-gain yaitu 0,53 dan 0,49. Serta persentase ketuntasan klasikal kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkannya siklus I adalah meningkat menjadi 19,44% dan setelah diterapkannya tindakan siklus II meningkat menjadi 86,11%. Serta persentase ketuntasan klasikal kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkannya tindakan siklus I adalah meningkat menjadi 27,78% dan setelah diterapkannya tindakan siklus II meningkat menjadi 91,67%; (2) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa dapat dikatakan sudah baik. Hal ini dilihat dari adanya keberagaman proses jawaban yang dimiliki siswa dan terjadi peningkatan pada kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Fil p |
Keywords: | Open ended; Berpikir kreatif; Penalaran matematis; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 May 2024 03:57 |
Last Modified: | 21 May 2024 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57274 |