Dewi, Ayu Masytah (2023) PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF HIGHER ORDER THINKING (HOT) PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI DI SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191121012_Cover.pdf
Download (169kB)
4191121012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (551kB)
4191121012_Abstrak.pdf
Download (320kB)
4191121012_Kata_Pengantar.pdf
Download (982kB)
4191121012_Daftar_Isi.pdf
Download (327kB)
4191121012_Daftar_Tabel.pdf
Download (281kB)
4191121012_Daftar_Gambar.pdf
Download (249kB)
4191121012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (249kB)
4191121012_BAB_I.pdf
Download (493kB)
4191121012_BAB_V.pdf
Download (365kB)
4191121012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (309kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes objektif Higher Order Thinking (HOT) pada materi keseimbangan dan dinamika rotasi di SMA/MA yang memenuhi kualifikasi pada aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh dan respon siswa terhadap instrumen yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 16 Medan dengan subjek penelitian dari kelas XII MIA 2 dan XII MIA 3. Berdasarkan hasil uji validasi ahli diperoleh instrumen tes objektif sangat valid pada aspek isi, konstruksi, dan bahasa berasarkan indeks V Aiken. Hasil penelitian uji coba butir soal diperoleh bahwa dari 50 soal yang dikembangkan 30 soal dinyatakan layak dan valid. Uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,928 dengan kategori reliabilitas sangat tinggi. Tingkat kesukaran diperoleh nilai dengan rentang 0,30-0,67 kriteria 30 butir soal dinyatakan sedang. Uji daya beda dengan rentang 0,067- 0,667 kriteria 25 butir soal baik, 5 butir soal cukup. Efektivitas pengecoh diperoleh 10 butir soal sangat baik, 14 butir soal baik, dan 6 butir soal cukup sehingga pengecoh telah berfungsi. Instrumen tes yang dikembangkan mendapat 74,4% respon positif dari peserta didik dengan kategori baik. Kesimpulan dari penelitian pengembangan yang telah dilakukan adalah instrumen tes objektif higher order thinking (hot) pada materi keseimbangan dan dinamika rotasi dengan menggunakan metode ADDIE menghasilkan soal yang layak (valid dan reliabel) dan mendapat respon yang baik dari pengguna
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Higher order thingking (Hot), tes objektif, Keseimbangan dan Dinamika Rotasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 03:51 |
Last Modified: | 21 May 2024 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57273 |