Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis CTL Berbantuan Audio-Visual Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Nainggolan, Rini Siti Suleha (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis CTL Berbantuan Audio-Visual Powtoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216176002_Cover.pdf] Text
8216176002_Cover.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 8216176002_Abstrak.pdf] Text
8216176002_Abstrak.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 8216176002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216176002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 8216176002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216176002_Kata_Pengantar.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 8216176002_Daftar_Isi.pdf] Text
8216176002_Daftar_Isi.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 8216176002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216176002_Daftar_Tabel.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 8216176002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216176002_Daftar_Gambar.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 8216176002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216176002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 8216176002_BAB_I.pdf] Text
8216176002_BAB_I.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 8216176002_BAB_VI.pdf] Text
8216176002_BAB_VI.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 8216176002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216176002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan, keefektifan dan peningkatkan hasil belajar siswa terhadap pengembangan media pembelajaran fisika berbasis CTL berbantuan audio-visual powtoon. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester 2 jurusan MIPA di SMA Swasta Dwi Tunggal Tanjung Morawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model Brog & Gall, penelitian
dilakukan hanya sampai pada tahap development atau pengembangan saja. Sampel yang diambil dari populasi adalah sebanyak dua kelompok yaitu kelompok kecil dan kelompok besar. Penelitian menggunakan pendekatan dengan analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner atau angket berupa lembar checklist, dengan indikator kelayakan yang diukur dari segi Kevalidan, Kepraktisan, & Keefektifan. Berdasarkan hasil
analisis data diperoleh kesimpulan bahwa uji kelayakan media pembelajaran CTL dari segi valid oleh validator ahli materi sebesar 83% dan validator ahli media sebesar 80% dengan kategori layak, dan persentase uji kepraktisan media
pembelajaran CTL oleh validator sebesar 97% dengan kategori praktis, persentase uji keefektifan media pembelajaran CTL berdasarkan hasil ketuntasan belajar klasikal sebesar 93% siswa tuntas dan hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar
95% dengan kategori berhasil dan pengembangan media pembelajaran berbasis CTL berbantuan audio-visual powtoon berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Nai p
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, CTL, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2024 03:36
Last Modified: 21 May 2024 03:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57263

Actions (login required)

View Item
View Item