Retnamasari, Nurhayanti (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BIOLOGI BERBASIS PROSES ILMIAH DAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMP KELAS VII. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126173019 COVER.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. NIM. 8126173019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
3. NIM. 8126173019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM. 8126173019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM. 8126173019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 8126173019 TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 8126173019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 8126173019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8126173019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
13. NIM. 8126173019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. NIM. 8126173019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan LKS berbasis proses ilmiah dan pendidikan karakter; (2) mengetahui tanggapan guru terhadap LKS Biologi berbasis proses ilmiah dan pendidikan karakter yang dikembangkan; (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap LKS Biologi berbasis proses ilmiah dan pendidikan karakter yang dikembangkan, dan (4) mengetahui keefektivan LKS Biologi berbasis proses ilmiah dan pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg dan Gall. Penilaian materi terhadap LKS Biologi berbasis proses ilmiah dan pendidikan karakter, terdiri dari kelayakan isi, keterbacaan dan proses ilmiah. Penilaian desain pembelajaran terhadap LKS Biologi berbasis proses ilmiah, terdiri dari ukuran LKS, desain kulit, dan desain. Hasil penelitian menunjukan: (1) model pengembangan Borg dan Gall meliputi enam tahap, yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi, revisi, dan uji coba; (2) tanggapan guru biologi termasuk kriteria yang sangat baik persentase rata-rata 91,67%; (4) tanggapan siswa kelompok kecil termasuk kriteria sangat baik persentase rata-rata 81,94%; dan (5) tanggapan siswa kelompok lapangan terbatas termasuk kriteria sangat baik persentase rata-rata 83,17%. Analisis uji t menunjukan bahwa dengan menggunakan LKS berbasis proses ilmiah dan pendidikan karakter 74,38 ± 12,89 (Mean± SD) signifikan lebih tinggi daripada tanpa menggunakan LKS berbasis proses ilmiah dan pendidikan karakter 60,74 ± 14,69 (thit= -0.90; P=0,000). Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS Biologi Berbasis Proses Ilmiah dan Pendidikan Karakter pada SMP Kelas VII layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran biologi dalam upaya meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Ret p |
Keywords: | Proses sains; Pendidikan karakter; IPS; LKS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 03:20 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5725 |