Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Melalui Pembelajaran Case Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis

Alkhasannah, Riani (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Melalui Pembelajaran Case Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216171010_Cover.pdf] Text
8216171010_Cover.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 8216171010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216171010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 8216171010_Abstrak.pdf] Text
8216171010_Abstrak.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of 8216171010_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216171010_Kata_Pengantar.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 8216171010_Daftar_Isi.pdf] Text
8216171010_Daftar_Isi.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 8216171010_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216171010_Daftar_Tabel.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 8216171010_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216171010_Daftar_Gambar.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 8216171010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216171010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 8216171010_BAB_I.pdf] Text
8216171010_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216171010_BAB_V.pdf] Text
8216171010_BAB_V.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 8216171010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216171010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (645kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran macromedia flash dengan pembelajaran case method pada materi program linear yang memenuhi kualitas media pembelajaran yang baik (kevalidan, kepraktisan dan keefektifan) dan mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dalam menggunakan media pembelajaran berbasis pembelajaran case method. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan media pembelajaran mendapatkan hasil rata-rata 3,69 (kategori valid). Untuk kepraktisan pembelajaran yang dilakukan pada tahap implementasi I memperoleh skor rata-rata sebesar 2,6 dengan kategori “Terlaksana Kurang Baik” dan pada implementasi II memperoleh skor sebesar 3,58 dengan kategori “Terlaksana dengan baik”. Untuk keefektifan proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran berdasarkan pada 3 indikator yaitu ketuntasan belajar secara klasikal, waktu ideal aktivitas siswa, dan respon siswa. Pada uji coba I, dari 29 siswa hanya 48% siswa (total 14 siswa) yang tuntas secara klasikal dan pada uji coba II, dari 32 siswa terdapat 90% (total 26 siswa) yang memperoleh ketuntasan tinggi secara klasikal. Untuk waktu ideal aktivitas siswa emperoleh tingkat keberhasilan 100% dalam memenuhi waktu yang diinginkan selama dua pertemuan. Respon siswa untuk seluruh pertemuan menunjukkan kategori tertarik dengan nilai rata-rata pada implementasi I yaitu 3,54 (“Tertarik”), dan pada implementasi II, mereka memberikan nilai 3,64 ("Tertarik"). Indeks gain implementasi II yaitu 0,38 (“sedang”) enunjukkan adanya peningkatan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria produk yang baik dan media yang dikembangkan melalui pembelajaran case method dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Alk p
Keywords: Media Pembelajaran Macromedia Flash, Pembelajaran Case Method, Kemampuan Representasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2024 03:18
Last Modified: 21 May 2024 03:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57247

Actions (login required)

View Item
View Item