Alkhasannah, Riani (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Melalui Pembelajaran Case Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Masters thesis, UNIMED.
8216171010_Cover.pdf
Download (220kB)
8216171010_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (428kB)
8216171010_Abstrak.pdf
Download (364kB)
8216171010_Kata_Pengantar.pdf
Download (368kB)
8216171010_Daftar_Isi.pdf
Download (280kB)
8216171010_Daftar_Tabel.pdf
Download (252kB)
8216171010_Daftar_Gambar.pdf
Download (224kB)
8216171010_Daftar_Lampiran.pdf
Download (224kB)
8216171010_BAB_I.pdf
Download (1MB)
8216171010_BAB_V.pdf
Download (377kB)
8216171010_Daftar_Pustaka.pdf
Download (645kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran macromedia flash dengan pembelajaran case method pada materi program linear yang memenuhi kualitas media pembelajaran yang baik (kevalidan, kepraktisan dan keefektifan) dan mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dalam menggunakan media pembelajaran berbasis pembelajaran case method. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan media pembelajaran mendapatkan hasil rata-rata 3,69 (kategori valid). Untuk kepraktisan pembelajaran yang dilakukan pada tahap implementasi I memperoleh skor rata-rata sebesar 2,6 dengan kategori “Terlaksana Kurang Baik” dan pada implementasi II memperoleh skor sebesar 3,58 dengan kategori “Terlaksana dengan baik”. Untuk keefektifan proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran berdasarkan pada 3 indikator yaitu ketuntasan belajar secara klasikal, waktu ideal aktivitas siswa, dan respon siswa. Pada uji coba I, dari 29 siswa hanya 48% siswa (total 14 siswa) yang tuntas secara klasikal dan pada uji coba II, dari 32 siswa terdapat 90% (total 26 siswa) yang memperoleh ketuntasan tinggi secara klasikal. Untuk waktu ideal aktivitas siswa emperoleh tingkat keberhasilan 100% dalam memenuhi waktu yang diinginkan selama dua pertemuan. Respon siswa untuk seluruh pertemuan menunjukkan kategori tertarik dengan nilai rata-rata pada implementasi I yaitu 3,54 (“Tertarik”), dan pada implementasi II, mereka memberikan nilai 3,64 ("Tertarik"). Indeks gain implementasi II yaitu 0,38 (“sedang”) enunjukkan adanya peningkatan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria produk yang baik dan media yang dikembangkan melalui pembelajaran case method dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Alk p |
Keywords: | Media Pembelajaran Macromedia Flash, Pembelajaran Case Method, Kemampuan Representasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 May 2024 03:18 |
Last Modified: | 21 May 2024 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57247 |