Pengaruh Model Inquiry Training Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Momentum dan Implus

Sitorus Pane, Rauli Eva Elfrida (2023) Pengaruh Model Inquiry Training Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Momentum dan Implus. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206176001_Cover.pdf] Text
8206176001_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 8206176001_Abstrak.pdf] Text
8206176001_Abstrak.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 8206176001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206176001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 8206176001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206176001_Kata_Pengantar.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 8206176001_Daftar_Isi.pdf] Text
8206176001_Daftar_Isi.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 8206176001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206176001_Daftar_Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 8206176001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206176001_Daftar_Gambar.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 8206176001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206176001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 8206176001_BAB_I.pdf] Text
8206176001_BAB_I.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 8206176001_BAB_V.pdf] Text
8206176001_BAB_V.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 8206176001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206176001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (248kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan: pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran konvensional, serta keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan quasi eksperimen. populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAS Parulian 1 Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes pemahaman konsep dan keterampilan proses sains berupa essay. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan uji manova dengan hasil uji analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes pemahaman konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 39,25 dan 37. Analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 33 dan 32,25. Nilai rata-rata postes pemahaman konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 63,5 dan 52,5. Nilai rata-rata postes keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 65,25 dan 61,75. Data dianalisis menggunakan uji manova untuk uji hipotesis pemahaman konsep dan keterampilan proses sains dengan hasil terdapat pengaruh pembelajaran inquiry training terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa pada materi momentum dan implus. Persentasi peningkatan N-Gain pemahaman konsep pada kelas eksperimen adalah 0,39 dengan kategori sedang dan 0,24 pada kelas kontrol dengan kategori rendah. Persentasi peningkatan N-Gain keterampilan proses sains pada kelas eksperimen adalah 0,47 dengan kategori sedang dan 0,43 di kelas kontrol dengan kategori sedang. Hasil uji correlation pearson adalah 0,742 dengan signifikansi 0,000. Ketiga uji yang dilakukan maka dapat disimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa, adanya peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa pada model pembelajaran inquiry training , adanya korelasi pemahaman konsep dan keterampilan proses sains pada penerapan model pembelajaran inquiry training pada materi momentum dn implus.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 531. 112 Sit p
Keywords: Inquiry training, konvensional, pemahaman konsep, keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2024 03:11
Last Modified: 21 May 2024 03:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57241

Actions (login required)

View Item
View Item