Pengembangan E-Book Berbasis TPACK Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Al-Ma’sum Stabat

Lubis, Rani Zulaini Apridayanti (2023) Pengembangan E-Book Berbasis TPACK Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Al-Ma’sum Stabat. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216166002_Cover.pdf] Text
8216166002_Cover.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 8216166002_Abstrak.pdf] Text
8216166002_Abstrak.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 8216166002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216166002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of 8216166002_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216166002_Kata_Pengantar.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 8216166002_Daftar_Isi.pdf] Text
8216166002_Daftar_Isi.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 8216166002_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216166002_Daftar_Tabel.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 8216166002_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216166002_Daftar_Gambar.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 8216166002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216166002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 8216166002_BAB_I.pdf] Text
8216166002_BAB_I.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of 8216166002_BAB_V.pdf] Text
8216166002_BAB_V.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 8216166002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216166002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (560kB)

Abstract

Sumber belajar adalah salah satu komponen yang penting dalam proses pembelajaran dan sangat mempengaruhi kualitas proses dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi lapangan ditemukan masalah terbatasnya sumber belajar yang tersedia di sekolah. Tidak tersedianya buku paket untuk siswa membuat guru hanya dapat menggunakan buku paket pegangan guru dalam proses pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sumber belajar dalam bentuk E-book berbasis TPACK pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII jurusan otomatisasi tata kelola perkantoran SMK Al-Ma’sum Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMK Al-Ma’sum Stabat, dengan populasi di kelas XII jurusan otomatisasi tata kelola perkantoran. Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli validasi dan respon pengguna diperoleh rata-rata presentase penilaian 88,38% dengan kategori “sangat layak” sehingga disimpulkan bahwa E-book berbasis TPACK yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan (valid) digunakan sebagai sumber belajar mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan pada materi media promosi pemasaran kelas XII jurusan otomatisasi tata kelola perkantoran. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 85,00 dan kelas kontrol 71,35 perolehan uji independent t-test dengan sig. 0,00 < 0,05 dan media dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-book berbasis TPACK pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan yang dikembangkan efektif digunakan untuk membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII jurusan otomatisasi tata kelola perkantoran SMK Al-Ma’sum Stabat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 330.72 Lub p
Keywords: E-Book Produk Kreatif dan Kewirausahaan, TPACK, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2024 03:04
Last Modified: 21 May 2024 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57234

Actions (login required)

View Item
View Item