Pasaribu, Melisa (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 29 MEDAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111059_Cover.pdf
Download (61kB)
4191111059_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (187kB)
4191111059_Abstrak.pdf
Download (187kB)
4191111059_Kata_Pengantar.pdf
Download (72kB)
4191111059_Daftar_Isi.pdf
Download (589kB)
4191111059_BAB_I.pdf
Download (172kB)
4191111059_BAB_V.pdf
Download (230kB)
4191111059_Daftar_Pustaka.pdf
Download (360kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi kemampuan dan kesulitan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII berdasarkan gaya belajar VIII melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 29 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Seluruh siswa kelas VIII-1 diidentifikasi gaya
belajarnya menggunakan angket gaya belajar. Data hasil tes dan data hasil wawancara dianalisis untuk mendeskripsikan kemampuan dan kesulitan pemahaman konsep matematis siswa. Wawancara dilakukan terhadap 6 orang siswa yang terdiri dari 2 siswa dari setiap gaya belajar. Hasil penelitian ini adalah : Siswa dari ketiga gaya belajar cenderung dapat melaksanakan indikator kemampuan pemahaman konsep. Kecuali mengklasifikasikan objek berupa pola bilangan pada gaya belajar visual auditorial. Siswa visual mampu memenuhi indikator menerapkan hubungan antara konsep dan prosedur. Tetapi mengalami kesulitan dalam menyatakan kembali konsep dan menyajikan konsep dalam representasi berupa narasi (menggunakan unsur verbal). Siswa auditorial mampu memenuhi
indikator menyatakan kembali konsep dan menyajikan konsep dalam representasi berupa narasi. Tetapi mengalami kesulitan dalam menerapkan hubungan antara konsep dan prosedur di luar dari konsep yang biasa mereka temukan, diikuti dengan indikator menerapkan konsep secara algoritma juga melaksanakan perhitungan secara tepat. Siswa kinestetik mampu memenuhi indikator menerapkan hubungan antara konsep dan prosedur diikuti dengan indikator menerapkan konsep secara algoritma. Diikuti dengan mengklasifikasi objek sesuai konsepnya. Tetapi mengalarni kesulitan dalam indikator indikator yang menggunakan unsur verbal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Pas a |
Keywords: | Pemahaman konsep matematis; Pembelajaran kooperatif; Gaya belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 May 2024 09:02 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57190 |