ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 29 MEDAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Pasaribu, Melisa (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 29 MEDAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111059_Cover.pdf] Text
4191111059_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4191111059_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111059_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 4191111059_Abstrak.pdf] Text
4191111059_Abstrak.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 4191111059_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111059_Kata_Pengantar.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 4191111059_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111059_Daftar_Isi.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of 4191111059_BAB_I.pdf] Text
4191111059_BAB_I.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 4191111059_BAB_V.pdf] Text
4191111059_BAB_V.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 4191111059_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111059_Daftar_Pustaka.pdf

Download (360kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi kemampuan dan kesulitan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII berdasarkan gaya belajar VIII melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 29 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Seluruh siswa kelas VIII-1 diidentifikasi gaya
belajarnya menggunakan angket gaya belajar. Data hasil tes dan data hasil wawancara dianalisis untuk mendeskripsikan kemampuan dan kesulitan pemahaman konsep matematis siswa. Wawancara dilakukan terhadap 6 orang siswa yang terdiri dari 2 siswa dari setiap gaya belajar. Hasil penelitian ini adalah : Siswa dari ketiga gaya belajar cenderung dapat melaksanakan indikator kemampuan pemahaman konsep. Kecuali mengklasifikasikan objek berupa pola bilangan pada gaya belajar visual auditorial. Siswa visual mampu memenuhi indikator menerapkan hubungan antara konsep dan prosedur. Tetapi mengalami kesulitan dalam menyatakan kembali konsep dan menyajikan konsep dalam representasi berupa narasi (menggunakan unsur verbal). Siswa auditorial mampu memenuhi
indikator menyatakan kembali konsep dan menyajikan konsep dalam representasi berupa narasi. Tetapi mengalami kesulitan dalam menerapkan hubungan antara konsep dan prosedur di luar dari konsep yang biasa mereka temukan, diikuti dengan indikator menerapkan konsep secara algoritma juga melaksanakan perhitungan secara tepat. Siswa kinestetik mampu memenuhi indikator menerapkan hubungan antara konsep dan prosedur diikuti dengan indikator menerapkan konsep secara algoritma. Diikuti dengan mengklasifikasi objek sesuai konsepnya. Tetapi mengalarni kesulitan dalam indikator indikator yang menggunakan unsur verbal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Pas a
Keywords: Pemahaman konsep matematis; Pembelajaran kooperatif; Gaya belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 May 2024 09:02
Last Modified: 07 Jun 2024 03:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57190

Actions (login required)

View Item
View Item