Pengembangan Model Pembelajaran Game Learning Multimedia Aksara Batak Toba (Galemabato) Berbasis Huling-Huling Ansa Untuk Meningkatkan Kemampuan Anak Memahami Aksara Batak Toba

Limbong, Tonni (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Game Learning Multimedia Aksara Batak Toba (Galemabato) Berbasis Huling-Huling Ansa Untuk Meningkatkan Kemampuan Anak Memahami Aksara Batak Toba. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM 8156124008 COVER.pdf] Text
NIM 8156124008 COVER.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of NIM  8156124008 APPROVAL SHEET.pdf] Text
NIM 8156124008 APPROVAL SHEET.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of NIM  8156124008 ABSTRACT.pdf] Text
NIM 8156124008 ABSTRACT.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of NIM  8156124008 ACKNOWLEDGEMENT.pdf] Text
NIM 8156124008 ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of NIM  8156124008 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
NIM 8156124008 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of NIM  8156124008 LIST OF PICTURE.pdf] Text
NIM 8156124008 LIST OF PICTURE.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of NIM  8156124008 LIST OF TABLE.pdf] Text
NIM 8156124008 LIST OF TABLE.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of NIM  8156124008 CHAPTER I.pdf] Text
NIM 8156124008 CHAPTER I.pdf

Download (683kB)
[thumbnail of NIM  8156124008 CHAPTER V.pdf] Text
NIM 8156124008 CHAPTER V.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of NIM  8156124008 REFERENCE.pdf] Text
NIM 8156124008 REFERENCE.pdf

Download (281kB)

Abstract

Dari data sensus kependudukan 2010 jumlah penduduk Indonesia adalah sebanyak 237.641.326 jiwa, suku Batak Sebanyak 3,58% yaitu sebanyak 8.466.969 jiwa terungkap bahwa pengguna Bahasa Batak hanya sebesar 43% yaitu sebesar 3.640.797 jiwa yang berarti hanya ada 43% orang Batak yang menggunakan bahasa ibunya dalam percakapan sehari-hari, jauh di bawah rata-rata etnis besar lainnya. Aksara batak toba terdiri dari Ina ni surat (Induk kalimat), Anak ni surat (Anak kalimat), Pangolat (penggalan) dan tanda baca serta Nomor. Huling-huling ansa banyak digunakan oleh orang tua dan anak-anak ketika sedang bermain dengan anak-anak yang lain. Adapun cara permainan huling-huling ansa dimana si A menjadi orang yang bertanya dan si B adalah orang yang menjawab. Galemabato berbasis Huling-huling ansa dengan mengadopsi model game learning, langkahlangkah (sintaks) yang dikembangkan adalah model pembelajaran GALEMABATO sebagai berikut: (1) Group and Administrasi; (2) Learning and Education ; (3) Modelling and Adjustment; (3) Battling and Assessment dan (4) Test and Observation, dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Metode pengembangan dalam penelitian ini merujuk pada model tahap R&D yang mengadopsi 2 (dua) model pengembangan yaitu Model Borg and Gall dari sistem pengembangan Model Pembelajaran dan Pendekatan System Development Life Cycle dengan pendekatan Model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dari sisi pengembangan perangkat pembelajaran dari Model Galemabato berbasis huling-hulingansa. Model pembelajaran Galemabato berbasis Huling-huling ansa untuk mata pelajaran muatan lokal aksara batak toba pada sekolah dasar kelas 5 terbukti layak digunakan sebagai model pembelajaran aksara batak toba dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta efektif dan sangat praktis untuk digunakan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 371.33 Lim p
Keywords: Model pembelajaran, Game learning, Aksara Batak Toba, Galemabato
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1099 Multicultural education
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 20 May 2024 08:29
Last Modified: 28 May 2024 10:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57180

Actions (login required)

View Item
View Item