PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE

Ginting, Juita Inganta Cicio (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111028_Cover.pdf] Text
4193111028_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4193111028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (804kB)
[thumbnail of 4193111028_Abstrak.pdf] Text
4193111028_Abstrak.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 4193111028_Kata_Pengantar.PDF] Text
4193111028_Kata_Pengantar.PDF

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111028_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111028_Daftar_Isi.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 4193111028_BAB_I.pdf] Text
4193111028_BAB_I.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 4193111028_BAB_V.pdf] Text
4193111028_BAB_V.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4193111028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (44kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran matematika knisley terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel 2 kelas yaitu kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. Adapun bentuk tes yang diujikan kepada siswa adalah tes awal (pretest) dimana kedua kelas diberikan soal yang sama untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian peneliti memberikan perlakuan di kelas eksperimen mengajar menggunakan Model Pembelajaran Matematika knisley dan di kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung (konvensional), Selanjutnya diberikan posttest kepada kedua kelas. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest di kelas eksperimen dan kontrol sama yang diuji dengan Uji kesamaan rata-rata (uji dua arah) dan memenuhi −�
(
1
2
�,��)
< �ℎ����� < �(
1
2
�,��) yaitu −1,99773 < 0,1444312 < 1,99773sehingga ℎ� diterima. Untuk uji kesamaan rata-rata posttest (uji pihak kanan) diperoleh kesimpulan rata-rata posttest di kelas eksperimen lebih besar disbanding kelas kontrol karena memenuhi syarat �ℎ����� > ������ yaitu 11,6111559 > 1,66907, sehingga ℎ� ditolak dan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran matematika Knisley terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Gin p
Keywords: Knisley; Pemahaman konsep matematis; Eksponen; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 May 2024 04:13
Last Modified: 20 May 2024 04:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57119

Actions (login required)

View Item
View Item