Manik, Siti Ramni (2023) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Siswa SMA Yayasan Cerdas Bangsa. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 1172151010 COVER.pdf
Download (2MB)
2. 1172151010 APPROVAL SHEET.pdf
Download (2MB)
3. 1172151010 ABSTRACT.pdf
Download (2MB)
4. 1172151010 PREFACE.pdf
Download (2MB)
5. 1172151010 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (2MB)
6. 1172151010 TABLES.pdf
Download (2MB)
7. 1172151010 APPENDICES.pdf
Download (2MB)
12. 1172151010 CHAPTER V.pdf
Download (2MB)
13. 1172151010 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik Strukturisasi Kognitif terhadap kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa kelas XI SMA Yayasan Cerdas Bangsa. Jenis penelitian adalah quasi experiment. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI SMA Yayasan Cerdas Bangsa. Teknik pengumpulan menggunakan instrument skala kecemasan menghadapi ujian. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian adalah teknik analisis Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan layanan konseling kelompok teknik Strukturisasi Kognitif skor rata-rata pada pre-test kecemasan menghadapi ujian yang diperoleh
sebesar 119,75 dan setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik strukturisasi Kognitif, skor rata-rata post-test kecemasan menghadapi ujian yang diperoleh menjadi 74,75 sehingga terjadi selisi perubahan kecemasan menghadapi
ujian yang diperoleh seluruhnya dari 8 orang responden adalah sebesar 50,2%. Dengan demikian terjadi perubahan skor rata-rata sebesar 30,30% . Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok terhadap kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa kelas XI SMA Yayasan Cerdas
Bangsa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecemasan Menghadapi Ujian; Konseling Kelompok; Teknik Restrukturisasi Kognitif . |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 20 May 2024 03:25 |
Last Modified: | 20 May 2024 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57090 |