PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMKS JAMBI MEDAN

ZAIN, SALSABILLA AMELIA (2023) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMKS JAMBI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7191142012_Cover.pdf] Text
7191142012_Cover.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 7191142012_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7191142012_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (872kB)
[thumbnail of 7191142012_Kata_Pengantar.pdf] Text
7191142012_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7191142012_Abstrak.pdf] Text
7191142012_Abstrak.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 7191142012_Daftar_Isi.pdf] Text
7191142012_Daftar_Isi.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 7191142012_Daftar_Tabel.pdf] Text
7191142012_Daftar_Tabel.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 7191142012_Daftar_Gambar.pdf] Text
7191142012_Daftar_Gambar.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 7191142012_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7191142012_Daftar_Lampiran.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 7191142012_BAB_I.pdf] Text
7191142012_BAB_I.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 7191142012_BAB_V.pdf] Text
7191142012_BAB_V.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 7191142012_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7191142012_Daftar_Pustaka.pdf

Download (193kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMKS Jambi Medan yang berjumlah 30 orang siswa. Objek penelitian ini yaitu kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create, Share (SSCS). Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan melalui lembar pengamatan untuk data kemampuan berpikir kritis dan juga tes untuk data hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Dari pengamatan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I diperoleh bahwa terdapat 4 siswa (13,3% ) yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 28 siswa (93,3%) yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan hal tersebut telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal > 80%. Data dari pre test siswa terdapat 8 siswa (26,7%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 44,6. Hasil post test I sebanyak 17 siswa (56,7%) dengan nilai rata-rata 60,6. Sementara hasil post test II sebanyak 27 siswa (90%) dengan nilai rata-rata 79,92. Hasil post test II memperlihatkan bahwa hasil belajar siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu >80%.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Search, Solve, Create, Share (SSCS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMKS Jambi Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Model Pembelajaran Search, Solve, Create, Share (SSCS), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 24 May 2024 02:43
Last Modified: 24 May 2024 02:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57061

Actions (login required)

View Item
View Item