PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP

Rahmatullah, Robby (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311048_Cover.pdf] Text
4193311048_Cover.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 4193311048_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311048_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (720kB)
[thumbnail of 4193311048_Abstrak.pdf] Text
4193311048_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4193311048_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311048_Kata_Pengantar.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4193311048_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311048_Daftar_Isi.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4193311048_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193311048_Daftar_Tabel.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 4193311048_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193311048_Daftar_Gambar.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 4193311048_BAB_I.pdf] Text
4193311048_BAB_I.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of 4193311048_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193311048_Daftar_Lampiran.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4193311048_BAB_V.pdf] Text
4193311048_BAB_V.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 4193311048_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311048_Daftar_Pustaka.pdf

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan penalaran matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Geogebra di kelas VIII SMP; (2) mendeskripsikan peningkatan penalaran matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Geogebra di kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Swasta PAB 1 Klumpang berjumlah 33 siswa dan objek penelitian yaitu peningkatan penalaran matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Geogebra pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas siswa dan tes penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Geogebra dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Pada siklus I diperoleh bahwa skor rata-rata kemampuan penalaran matematis indikator mengajukan dugaan sebesar 59,85; menemukan pola pada suatu gejala matematis 70,45; memberikan alternatif bagi suatu argumen 56,82; dan menarik kesimpulan dari suatu pernyataan 61,36. Dengan adanya perbaikan pada siklus II yaitu penggunaan aplikasi Geogebra pada sintaks pengumpulan dan pemrosesan data diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematis siswa indikator mengajukan dugaan sebesar 77,27; menemukan pola pada suatu gejala matematis 80,30; memberikan alternatif bagi suatu argumen 90,15; dan menarik kesimpulan dari suatu pernyataan 81,06; (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dapat dilihat dari hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa meningkat pada kategori sedang dengan rata-rata NGain sebesar 0,53. Adapun indikator yang paling meningkat adalah indikator memberikan altermatif bagi suatu argumen dengan N-Gain sebesar 0,77.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penalaran matematis, discovery learning, geogebra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 18 May 2024 05:00
Last Modified: 18 May 2024 05:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57006

Actions (login required)

View Item
View Item