Rahmatullah, Robby (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311048_Cover.pdf
Download (256kB)
4193311048_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (720kB)
4193311048_Abstrak.pdf
Download (62kB)
4193311048_Kata_Pengantar.pdf
Download (242kB)
4193311048_Daftar_Isi.pdf
Download (114kB)
4193311048_Daftar_Tabel.pdf
Download (279kB)
4193311048_Daftar_Gambar.pdf
Download (251kB)
4193311048_BAB_I.pdf
Download (814kB)
4193311048_Daftar_Lampiran.pdf
Download (36kB)
4193311048_BAB_V.pdf
Download (278kB)
4193311048_Daftar_Pustaka.pdf
Download (557kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan penalaran matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Geogebra di kelas VIII SMP; (2) mendeskripsikan peningkatan penalaran matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Geogebra di kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Swasta PAB 1 Klumpang berjumlah 33 siswa dan objek penelitian yaitu peningkatan penalaran matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Geogebra pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas siswa dan tes penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi Geogebra dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Pada siklus I diperoleh bahwa skor rata-rata kemampuan penalaran matematis indikator mengajukan dugaan sebesar 59,85; menemukan pola pada suatu gejala matematis 70,45; memberikan alternatif bagi suatu argumen 56,82; dan menarik kesimpulan dari suatu pernyataan 61,36. Dengan adanya perbaikan pada siklus II yaitu penggunaan aplikasi Geogebra pada sintaks pengumpulan dan pemrosesan data diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematis siswa indikator mengajukan dugaan sebesar 77,27; menemukan pola pada suatu gejala matematis 80,30; memberikan alternatif bagi suatu argumen 90,15; dan menarik kesimpulan dari suatu pernyataan 81,06; (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dapat dilihat dari hasil tes kemampuan penalaran matematis siswa meningkat pada kategori sedang dengan rata-rata NGain sebesar 0,53. Adapun indikator yang paling meningkat adalah indikator memberikan altermatif bagi suatu argumen dengan N-Gain sebesar 0,77.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penalaran matematis, discovery learning, geogebra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 18 May 2024 05:00 |
Last Modified: | 18 May 2024 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57006 |