Nuranti, Rizki Aprina (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS AL-ITTIHADIYAH PERCUT. Undergraduate thesis, UNIMED.
4192411030_Cover.pdf
Download (50kB)
4192411030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (889kB)
4192411030_Abstrak.pdf
Download (60kB)
4192411030_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
4192411030_Daftar_Isi.pdf
Download (265kB)
4192411030_Daftar_Tabel.pdf
Download (210kB)
4192411030_Daftar_Gambar.pdf
Download (208kB)
4192411030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (36kB)
4192411030_BAB_I.pdf
Download (673kB)
4192411030_BAB_V.pdf
Download (326kB)
4192411030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (435kB)
Abstract
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Percut. Kemampuan komunikasi matematis adalah salah satu kemampuan bermatematika dasar yang harus dimiliki oleh tiap siswa. Melalui komunikasi, terdapat proses penyampaian ide atau gagasan secara lisan ataupun tulisan sehingga menciptakan suatu pemahaman. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Percut tahun ajaran 2022/2023.
Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah dimana terdapat kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol sebanyak 24 siswa dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Desain. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan pengaruh model pembelajaran PBL lebih baik dari model pembelajaran biasa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan tingkat kemampuan siswa yang diberi model pembelajaran PBL lebih baik dari siswa yang diberi model pembelajaran biasa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Regresi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Regresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 18 May 2024 04:37 |
Last Modified: | 18 May 2024 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56979 |