PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS AL-ITTIHADIYAH PERCUT

Nuranti, Rizki Aprina (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS AL-ITTIHADIYAH PERCUT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192411030_Cover.pdf] Text
4192411030_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4192411030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192411030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (889kB)
[thumbnail of 4192411030_Abstrak.pdf] Text
4192411030_Abstrak.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4192411030_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192411030_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4192411030_Daftar_Isi.pdf] Text
4192411030_Daftar_Isi.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 4192411030_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192411030_Daftar_Tabel.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4192411030_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192411030_Daftar_Gambar.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4192411030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192411030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4192411030_BAB_I.pdf] Text
4192411030_BAB_I.pdf

Download (673kB)
[thumbnail of 4192411030_BAB_V.pdf] Text
4192411030_BAB_V.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 4192411030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192411030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (435kB)

Abstract

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Percut. Kemampuan komunikasi matematis adalah salah satu kemampuan bermatematika dasar yang harus dimiliki oleh tiap siswa. Melalui komunikasi, terdapat proses penyampaian ide atau gagasan secara lisan ataupun tulisan sehingga menciptakan suatu pemahaman. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah Percut tahun ajaran 2022/2023.
Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Ittihadiyah dimana terdapat kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol sebanyak 24 siswa dan kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Desain. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan pengaruh model pembelajaran PBL lebih baik dari model pembelajaran biasa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan tingkat kemampuan siswa yang diberi model pembelajaran PBL lebih baik dari siswa yang diberi model pembelajaran biasa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Regresi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Regresi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 18 May 2024 04:37
Last Modified: 18 May 2024 04:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56979

Actions (login required)

View Item
View Item