Tarigan, Erlin Anggreni (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM RESPIRASI DI SMA NEGERI 1 AIRBATU. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136174009 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM 8136174009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
3. NIM 8136174009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4. NIM. 8136174009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
5. NIM. 8136174009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
6. NIM. 8136174009 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 8136174009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM. 8136174009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. NIM. 8136174009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM. 8136174009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
14. NIM. 8136174009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Sistem Respirasi; (2) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap ilmiah siswa pada materi Sistem Respirasi; (3) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Sistem Respirasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Airbatu, pada kelas XI Semester genap tahu pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Airbatu yang berjumlah 60 siswa yang terdiri dari dua kelas paralel. Sampel yang diambil terdiri dari 2 kelas eksperimen yaitu: (1) kelas XI IPA 1 menggunakan model pembelajaran berbasis masalah; (2) kelas XI IPA 2 menggunakan model pembelajaran tradisional. Pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep, sikap ilmiah dan kemampuan pemecahan masalah siswa. metode penelitian ini termasuk kuasi eksperimen dengan teknik analisis data uji t. Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan: (1) H01 ditolak dengan thitung 5,427>2,048 taraf signifikasi 0,000<0,05;(2) H02 ditolak dengan thitung 2,177>2,048 taraf signifikasi 0,034<0,05;(3) H03 ditolak dengan thitung 2,415>2,048 taraf signifikasi 0,019<0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Sistem Respirasi di SMA Negeri 1 Airbatu; (2) Ada pengaruh model pebelajaran berbasis masalah terhadap sikap ilmiah siswa pada materi Sistem Respirasi di SMA Negeri 1 Airbatu;(3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Sistem Respirasi di SMA Negeri 1 Airbatu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.207 12 Tar p |
Keywords: | Hasil belajar; Pembelajaran berbasis masalah Pembelajaran konvensional; Sistem respirasi pada manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 04:32 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5695 |