Munte, Umiartah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Anatomi Fisiologi Pada Siswa Kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153144025 COVER.pdf
Download (367kB)
2. NIM. 5153144025 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM. 5153144025 ABSTRACT.pdf
Download (813kB)
4. NIM. 5153144025 PREFACE.pdf
Download (972kB)
5. NIM. 5153144025 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (915kB)
6. NIM. 5153144025 ILLUSTRATION.pdf
Download (357kB)
7. NIM. 5153144025 TABLES.pdf
Download (357kB)
8. NIM. 5153144025 APPENDICES.pdf
Download (360kB)
9. NIM. 5153144025 CHAPTER I.pdf
Download (1MB)
13. NIM. 5153144025 CHAPTER V.pdf
Download (809kB)
14. NIM. 5153144025 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (916kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar anatomi rambut dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui hasil belajar anatomi rambut dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar anatomi rambut siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Sample dari penelitian ini sebanyak 60 orang siswa yang diambil dari 2 kelas yaitu 30 orang siswa kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model pembelajaran mind mapping jenis rantai kejadian (event chain) dan 30 orang siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Uji coba Instrumen dilakukan dengan tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 50 soal sehingga diperoleh 40 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid. Sehingga instrumen penelitian yang digunakan 40 soal. Teknik analisis data yng digunakan adalah uji t.
Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X tata kecantikan SMK Negeri 10 Medan pada materi anatomi rambut yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensiaonal diperoleh nilai rata-rata postest 66,83. Hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan pada materi anatomi fisiologi rambut menggunakan model pembelajaran Mind Mapping diperoleh nilai rata-rata postest 78,44. Hasil uji normalitas data pada kelas kontrol diperoleh x_(hitung )^2= 6.062 dan x_tabel^2= 11,1 pada kelas eksperimen diperoleh x_(hitung )^2= 3,648 dan x_tabel^2= 11,1. Hasil uji homogenitas diperoleh F hitung = 1.63 dan F_tabel 1,86 dengan taraf signifikan α=0,05 sehingga F_(hitung )< F_tabel atau 1,63<1,86. Hasil uji statistic yaitu diperoleh thitung = 4,404 dan ttabel = 2,00 dengan α = 0,05 dan dk = 58 sehingga thitung > ttabel atau 4,404 > 2,00. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar anatomi fisiologi pada siswa Kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Mind Mapping; Hasil Belajar Anatomi Fisiologi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 May 2024 02:52 |
Last Modified: | 17 May 2024 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56937 |