Putri, Tri Ambarwati Nurul (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMPN 35 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191111005_Cover.pdf
Download (52kB)
4191111005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (618kB)
4191111005_Abstrak.pdf
Download (439kB)
4191111005_Kata_Pengantar.pdf
Download (212kB)
4191111005_Daftar_Isi.pdf
Download (153kB)
4191111005_Daftar_Gambar.pdf
Download (236kB)
4191111005_Daftar_Tabel.pdf
Download (262kB)
4191111005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (235kB)
4191111005_BAB_I.pdf
Download (833kB)
4191111005_BAB_V.pdf
Download (301kB)
4191111005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (477kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan bahan ajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik berbantuan Software Geogebra untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 35 Medan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan spasial siswa ditinjau per indikatornya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang mana terdiri dari lima tahap yaitu: Analysis (A), Design (D), Development (D), Implementation (I), dan Evaluation (E). Instrumen penilaian yang dipakai merupakan lembar angket untuk uji kelayakan dari produk bahan ajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik berbantuan Software Geogebra. Penilaian kelayakan bahan ajar dilakukan oleh ahli media dan materi. Untuk memperoleh kepraktisan bahan ajar dilakukan dengan memberikan angket respon kepada 5 orang siswa (kelompok kecil) secara heterogen di seluruh kelas VIII, seorang guru matematika dan 27 siswa dari kelas VIII-6 di SMP Neegeri 35 Medan Untuk mengetahui keefektifan dari bahan ajar yang dikembangkan dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-tes untuk memperoleh hasil belajar siswa secara klasikal dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian pengembangan ini telah dihasilkan produk bahan ajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik berbantuan Software Geogebra untuk meningkatkan kemampuan spasial pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok di kelas VIII dengan memperoleh kriteria sangat valid dari segi materi dengan nilai rata-rata sebesar 4,76 dan memperoleh kriteria sangat valid dari segi media dengan nilai rata-rata sebesar 4,7. Respon dari guru memperoleh kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 4,8 dan respon siswa dengan nilai rata-rata 4,45. Untuk penilaian keefektifan bahan ajar diperoleh presentase 85,19% siswa tuntas belajar secara klasikal terhadap bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan sebagai efektif. Perhitungan N-Gain memperoleh nilai sebesar 0,67 yang berada dalam kategori sedang. Dari hasil uji dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik berbantuan Software Geogebra yang dikembangkan sangat layak, praktis, dan efektif serta dapat digunakan sebagai bahan ajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok kelas VIII SMP. Peningkatan kemampuan spasial siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan melalui pembelajaran matematika realistik berbantuan Software Geogebra memperoleh kategori sedang dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,67. Kemudian nilai rata-rata N-Gain yang ditinjau berdasarkan semua indikatornya menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan ajar matematika; Geogebra; Software |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 17 May 2024 02:47 |
Last Modified: | 17 May 2024 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56934 |