PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMPN 35 MEDAN

Putri, Tri Ambarwati Nurul (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SMPN 35 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191111005_Cover.pdf] Text
4191111005_Cover.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 4191111005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of 4191111005_Abstrak.pdf] Text
4191111005_Abstrak.pdf

Download (439kB)
[thumbnail of 4191111005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111005_Kata_Pengantar.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4191111005_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111005_Daftar_Isi.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 4191111005_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191111005_Daftar_Gambar.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4191111005_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191111005_Daftar_Tabel.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 4191111005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191111005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4191111005_BAB_I.pdf] Text
4191111005_BAB_I.pdf

Download (833kB)
[thumbnail of 4191111005_BAB_V.pdf] Text
4191111005_BAB_V.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 4191111005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan bahan ajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik berbantuan Software Geogebra untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok kelas VIII SMP Negeri 35 Medan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan spasial siswa ditinjau per indikatornya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang mana terdiri dari lima tahap yaitu: Analysis (A), Design (D), Development (D), Implementation (I), dan Evaluation (E). Instrumen penilaian yang dipakai merupakan lembar angket untuk uji kelayakan dari produk bahan ajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik berbantuan Software Geogebra. Penilaian kelayakan bahan ajar dilakukan oleh ahli media dan materi. Untuk memperoleh kepraktisan bahan ajar dilakukan dengan memberikan angket respon kepada 5 orang siswa (kelompok kecil) secara heterogen di seluruh kelas VIII, seorang guru matematika dan 27 siswa dari kelas VIII-6 di SMP Neegeri 35 Medan Untuk mengetahui keefektifan dari bahan ajar yang dikembangkan dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-tes untuk memperoleh hasil belajar siswa secara klasikal dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian pengembangan ini telah dihasilkan produk bahan ajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik berbantuan Software Geogebra untuk meningkatkan kemampuan spasial pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok di kelas VIII dengan memperoleh kriteria sangat valid dari segi materi dengan nilai rata-rata sebesar 4,76 dan memperoleh kriteria sangat valid dari segi media dengan nilai rata-rata sebesar 4,7. Respon dari guru memperoleh kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 4,8 dan respon siswa dengan nilai rata-rata 4,45. Untuk penilaian keefektifan bahan ajar diperoleh presentase 85,19% siswa tuntas belajar secara klasikal terhadap bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan sebagai efektif. Perhitungan N-Gain memperoleh nilai sebesar 0,67 yang berada dalam kategori sedang. Dari hasil uji dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika melalui pembelajaran matematika realistik berbantuan Software Geogebra yang dikembangkan sangat layak, praktis, dan efektif serta dapat digunakan sebagai bahan ajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok kelas VIII SMP. Peningkatan kemampuan spasial siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan melalui pembelajaran matematika realistik berbantuan Software Geogebra memperoleh kategori sedang dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,67. Kemudian nilai rata-rata N-Gain yang ditinjau berdasarkan semua indikatornya menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan ajar matematika; Geogebra; Software
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 17 May 2024 02:47
Last Modified: 17 May 2024 02:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56934

Actions (login required)

View Item
View Item