Sihaloho, Tiodora Anggie (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193121026_Cover.pdf
Download (49kB)
4193121026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (631kB)
4193121026_Abstrak.pdf
Download (63kB)
4193121026_Kata_Pengantar.pdf
Download (779kB)
4193121026_Daftar_Isi.pdf
Download (149kB)
4193121026_Daftar_Gambar.pdf
Download (85kB)
4193121026_Daftar_Tabel.pdf
Download (87kB)
4193121026_Daftar_Isi.pdf
Download (149kB)
4193121026_BAB_I.pdf
Download (291kB)
4193121026_BAB_V.pdf
Download (62kB)
4193121026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (133kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Negeri 14 Medan T.A 2022/2023 dengan jumlah 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis (uji t) dan uji efek size, setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan homogenitas. Perhitungan uji hipotesis pada posttest diperoleh thitung > ttabel ( 8,63 > 1,66). Perhitungan uji effect size diperoleh nilai sebesar 1,9. Nilai 1,9 > 0,8 (kategori besar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran inkuiri; Belajar fisika; Usaha dan energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 17 May 2024 02:26 |
Last Modified: | 17 May 2024 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56925 |