PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.A. 2022/2023

Sihaloho, Tiodora Anggie (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193121026_Cover.pdf] Text
4193121026_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 4193121026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193121026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of 4193121026_Abstrak.pdf] Text
4193121026_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4193121026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193121026_Kata_Pengantar.pdf

Download (779kB)
[thumbnail of 4193121026_Daftar_Isi.pdf] Text
4193121026_Daftar_Isi.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4193121026_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193121026_Daftar_Gambar.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4193121026_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193121026_Daftar_Tabel.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4193121026_Daftar_Isi.pdf] Text
4193121026_Daftar_Isi.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of 4193121026_BAB_I.pdf] Text
4193121026_BAB_I.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 4193121026_BAB_V.pdf] Text
4193121026_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4193121026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193121026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Negeri 14 Medan T.A 2022/2023 dengan jumlah 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis (uji t) dan uji efek size, setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan homogenitas. Perhitungan uji hipotesis pada posttest diperoleh thitung > ttabel ( 8,63 > 1,66). Perhitungan uji effect size diperoleh nilai sebesar 1,9. Nilai 1,9 > 0,8 (kategori besar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran inkuiri; Belajar fisika; Usaha dan energi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 17 May 2024 02:26
Last Modified: 17 May 2024 02:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56925

Actions (login required)

View Item
View Item