PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TYPE THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP GAJAH MADA

Laoli, Erni Riska (2024) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TYPE THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP GAJAH MADA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111026_Cover.pdf] Text
4191111026_Cover.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 4191111026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 4191111026_Abstrak.pdf] Text
4191111026_Abstrak.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4191111026_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111026_Kata_Pengantar.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 4191111026_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111026_Daftar_Isi.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4191111026_BAB_I.pdf] Text
4191111026_BAB_I.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4191111026_BAB_V.pdf] Text
4191111026_BAB_V.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 4191111026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan model kooperatif type Think-Talk-Write dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa SMP Gajah Mada pada materi pola bilangan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Gajah Mada yang berjumlah 30 siswa. Objek Penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model kooperatif type Think-Talk-Write pada materi pola bilangan di SMP Gajah Mada Tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai tes awal sebesar 41,11 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 0 (0%) siswa dan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 30 (100%) siswa. Maka dilakukan pembelajaran dengan model Think-Talk-Write pada siklus I dan rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematis meningkat menjadi 68,97 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 20 (66,67%) siswa dan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 10 (33,33%) siswa. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan, rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematis sebesar 81,51 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 28 (93,33%) dan jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 2 (6,67%) siswa. Tingkat ketuntasan siswa dari tes kemampuan komunikasi matematis yang diberikan pada siklus II mencapai kategori baik, oleh karena itu tujuan pembelajaran telah tercapai dan dalam kelas telah terdapat lebih dari 85% siswa yang telah tuntas dalam komunikasi matematis. Sehingga disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif type Think-Talk-Write dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Lao p
Keywords: Komunikasi matematis; Pembelajaran kooperatif; Think talk write
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 May 2024 09:45
Last Modified: 16 May 2024 09:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56916

Actions (login required)

View Item
View Item