REMEDIASI MISKONSEPSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SISWA KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Br. Zebua, Reza Okta Prianti (2023) REMEDIASI MISKONSEPSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SISWA KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193121028_Cover.pdf] Text
4193121028_Cover.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 4193121028_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193121028_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 4193121028_Abstrak.pdf] Text
4193121028_Abstrak.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4193121028_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193121028_Kata_Pengantar.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4193121028_Daftar_Isi.pdf] Text
4193121028_Daftar_Isi.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 4193121028_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193121028_Daftar_Tabel.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 4193121028_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193121028_Daftar_Gambar.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4193121028_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193121028_Daftar_Lampiran.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 4193121028_BAB_I.pdf] Text
4193121028_BAB_I.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 4193121028_BAB_V.pdf] Text
4193121028_BAB_V.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4193121028_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193121028_Daftar_Pustaka.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ditujukan untuk mengetahui penurunan miskonsepsi siswa pada materi momentum impuls melalui penerapan model pembelajaran inquiry training dan mengetahui aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran inquiry training. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari tujuh kelas MIA. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes pilihan berganda dengan skala CRI (Certainty of Response Index) sebanyak 15 soal yang terlebih dahulu sudah divalidasikan. Dari hasil pengujian hipotesis, diambil keputusan menerima hipotesis (Ha) yaitu adanya pengaruh yang signifikan pada kelas yang diberikan perlakuan. Hasil analisis data siswa yang mengalami miskonsepsi sebelum perlakuan pada kelas eskperimen rata-rata adalah 38%. Lalu setelah diberikan perlakuan, maka data miskonsepsi siswa kelas eksperimen adalah 17%. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap upaya mengatasi miskonsepsi siswa dengan model pembelajaran Inquiry Training pada materi pokok momentum dan impuls di kelas X SMA Negeri 15 Medan T.P 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Inquiry Training, Miskonsepsi, Certainty of Response Index, Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 16 May 2024 08:59
Last Modified: 16 May 2024 08:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56912

Actions (login required)

View Item
View Item