Br. Zebua, Reza Okta Prianti (2023) REMEDIASI MISKONSEPSI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SISWA KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193121028_Cover.pdf
Download (34kB)
4193121028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (158kB)
4193121028_Abstrak.pdf
Download (60kB)
4193121028_Kata_Pengantar.pdf
Download (123kB)
4193121028_Daftar_Isi.pdf
Download (181kB)
4193121028_Daftar_Tabel.pdf
Download (129kB)
4193121028_Daftar_Gambar.pdf
Download (244kB)
4193121028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (128kB)
4193121028_BAB_I.pdf
Download (298kB)
4193121028_BAB_V.pdf
Download (176kB)
4193121028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (307kB)
Abstract
Penelitian ditujukan untuk mengetahui penurunan miskonsepsi siswa pada materi momentum impuls melalui penerapan model pembelajaran inquiry training dan mengetahui aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran inquiry training. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari tujuh kelas MIA. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes pilihan berganda dengan skala CRI (Certainty of Response Index) sebanyak 15 soal yang terlebih dahulu sudah divalidasikan. Dari hasil pengujian hipotesis, diambil keputusan menerima hipotesis (Ha) yaitu adanya pengaruh yang signifikan pada kelas yang diberikan perlakuan. Hasil analisis data siswa yang mengalami miskonsepsi sebelum perlakuan pada kelas eskperimen rata-rata adalah 38%. Lalu setelah diberikan perlakuan, maka data miskonsepsi siswa kelas eksperimen adalah 17%. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan terhadap upaya mengatasi miskonsepsi siswa dengan model pembelajaran Inquiry Training pada materi pokok momentum dan impuls di kelas X SMA Negeri 15 Medan T.P 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Inquiry Training, Miskonsepsi, Certainty of Response Index, Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 16 May 2024 08:59 |
Last Modified: | 16 May 2024 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56912 |