Fenomena Munculnya Gerai Kopi Kekinian Sebagai Tempat Hangout Millenial Pasca PandemiCovid-19 di Kota Medan

Butar-butar, Benayan Stefen Kasi (2023) Fenomena Munculnya Gerai Kopi Kekinian Sebagai Tempat Hangout Millenial Pasca PandemiCovid-19 di Kota Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 3183122047_Cover.pdf] Text
3183122047_Cover.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 3183122047_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
3183122047_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 3183122047_Abstrak.pdf] Text
3183122047_Abstrak.pdf

Download (765kB)
[thumbnail of 3183122047_Kata_Pengantar.pdf] Text
3183122047_Kata_Pengantar.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 3183122047_Daftar_Isi.pdf] Text
3183122047_Daftar_Isi.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 3183122047_Daftar_Tabel.pdf] Text
3183122047_Daftar_Tabel.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 3183122047_BAB_I.pdf] Text
3183122047_BAB_I.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 3183122047_BAB_V.pdf] Text
3183122047_BAB_V.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 3183122047_Daftar_Pustaka.pdf] Text
3183122047_Daftar_Pustaka.pdf

Download (437kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang melatarbelakangi munculnya gerai kopi kekinian pasca pandemi covid-19 di kota Medan dan mengetahui bagaiman gerai kopi kekinian menjadi tempat angout para millenial di kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Fenomenologi Alfred Schutz. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gerai kopi kekinian muncul di kota Medan dan semakin bertambah pada pasca pandemi Covid-19 yang mempunyai aturan yang diberlakukan pemerintah dan sudah mulai dilonggarkan dari sebelumnya karena kopi merupakan minuman yang paling banyak dinikmati dan digemari dengan menggunakan konsep yang mudah dan praktis serta modal yang murah dan tidak memerlukan banyak tempat. Gerai kopi yang merupakan tempat yang terlihat unik dan dapat mempengaruhi suasana hati dan kenyamanan dalam menikmati suasana ngopi sehingga menimbulkan kesan yang baik. Gerai kopi kekinian juga dijadikan tempat hangout millenial awalya karena persuasif dari lingkungan sekitar. Millenial biasanya mendapatkan informasi tempat hangout yang bagus adalah rekomendasri beberapa orang, sosial media, salah satunya instagram, maupun internet. Millenial biasanya menghabiskan waktu yang lama bersama teman-teman di gerai kopi kekinian, seperti bercengkerama ria sembari menikmati kopi. Ngopi saat ini menjadi suatu kebiasaan (gaya hidup) millenial, misalnya sepulang kerja mereka merencanakan untuk nongkrong untuk melepas lelah atau untuk menenangkan pikiran dan akan menjadi suatu aktivitas akan sering mereka lakukan. Selain itu, banyak kaum muda yang menyukai dan menikmati kopi karena cara pengolahan dan pembuatan kopi. Disamping itu juga, gerai kopi kekinian yang berada di tepi jalan, membuat para millenial memiliki rasa penasaran terhadap tempat tersebut dan ada keinginan untuk mencoba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Gerai Kopi, Kopi Kekinian, Tempat Hangout, Millenial, Pasca Pandemi Covid-19, Fenomenologi
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar
Date Deposited: 16 May 2024 08:38
Last Modified: 16 May 2024 08:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56903

Actions (login required)

View Item
View Item