PENGARUH STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI JAMUR DI KELAS X SMA SWASTA PAB-8 SAENTIS

Siregar, Sarmila Hafni (2016) PENGARUH STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI JAMUR DI KELAS X SMA SWASTA PAB-8 SAENTIS. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8116173025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8116173025 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8116173025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8116173025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8116173025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8116173025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8116173025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8116173025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8116173025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8116173025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8116173025 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8116173025 TABLES.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8116173025 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8116173025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8116173025 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8116173025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8116173025 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8116173025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8116173025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8116173025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8116173025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8116173025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning, strategi pembelajaran Inquiry, dan pembelajaran tradisional terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi jamur. (2) Pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning, strategi pembelajaran inquiry, dan pembelajaran tradisional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Jamur di kelas X SMA Swasta PAB 8 Saentis.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMA Swasta PAB-8 Saentis dan sampel penelitian yang berjumlah 114 siswa yang terbagi dalam tiga kelas yaitu X1 sebagai strategi pembelajaran Problem Based Learning berjumlah 40 siswa, kelas X4 sebagai strategi pembelajaran inquiry berjumlah 36 siswa, dan kelas X2 sebagai kelas tradisional berjumlah 38 siswa. Instrument penelitian ini terdiri dari tes pilihan ganda. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan tehnik analisis data menggunakan uji ANAVA satu jalur pada taraf signifikan α = 0,05.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi Problem Based Learning 74,33 ± 7,37, tidak berbeda secara signifikan dengan strategi pembelajaran Inquiry 72,03 ± 6,13 , namun secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran tradisional 63,59 ± 5, 44. ( 2 ) Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi Problem Based Learning 72,87 ±6,49, tidak berbeda secara signifikan dengan strategi pembelajaran inquiry 70,13 ± 5,66, namun secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran tradisional 66,84 ± 5,50.Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran Inquiry dan tradisional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 579.607 12 Sir p
Keywords: Berpikir kritis; Problem based learning; Pembelajaran inquiry; Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Jun 2016 03:20
Last Modified: 10 Jun 2016 03:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5690

Actions (login required)

View Item
View Item