Sofyanti, Dina Febri (2023) Upaya Penerapan Sumber Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Brainly Di SMAN 1 Bilah Hilir Labuhanbatu. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
3193311016_Cover.pdf
Download (201kB)
3193311016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (909kB)
3193311016_Abstrak.pdf
Download (297kB)
3193311016_Kata_Pengantar.pdf
Download (271kB)
3193311016_Daftar_Isi.pdf
Download (61kB)
3193311016_Daftar_Tabel.pdf
Download (53kB)
3193311016_Daftar_Gambar.pdf
Download (172kB)
3193311016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (52kB)
3193311016_BAB_I.pdf
Download (675kB)
3193311016_BAB_V.pdf
Download (375kB)
3193311016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (447kB)
Abstract
Berdasarkan latar belakang terdapat beberapa permasalahan didalam penelitian ini, sumber belajar hanya menggunakan modul dan buku teks. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan sumber belajar Brainly untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran di kelas erlangsung? Apa saja kelebihan layanan sumber belajar Brainly untuk membantu meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Bagaimana kendala belajar yang dialami siswa terhadap sumber belajar PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan penerapan sumber belajar brainly untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. Mendeskripsikan kelebihan layanan sumber belajar brainly untuk membantu meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Mendeskripsikan kendala belajar yang dialami siswa terhadap sumber belajar. Dalam penelitian ini menggunakan quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif, Desain yang digunakan dalam penelitian pretest dan posttest tanpa kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPA SMAN 1 Bilah Hilir Labuhan batu, sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa/siswi kelas X IPA 1 SMAN 1 Bilah Hilir Labuhan Batu. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus mean dan N-gain score untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas sumber belajar PPKn kelas X IPA 1 SMAN 1 Bilah Hilir Labuhan Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan aktivitas belajar siswa sebelum diterapkan Brainly pada mata pelajaran PPKn memperoleh hasil 51,66 dengan kategori cukup baik, 2) Penerapan sumber belajar PPKn berbasis Brainly pada mata pelajaran PPKn kelas X IPA 1 SMAN 1 Bilah Hilir memperoleh hasil 81,25 dengan kategori sangat baik, 3) Penerapan sumber belajar PPKn kelas X IPA SMAN 1 Bilah Hilir setelah diterapkan Brainly memperoleh hasil 80,83 dengan kategori sangat baik, 4) Peningkatan aktivitas sumber belajar PPKn di kelas X IPA SMAN 1 Bilah Hilir setelah diterapkan Brainly memperoleh hasil 76,08 dengan kategori Tinggi.Dan angket penilaian siswa terhadap aplikasi Brainly sendiri memperoleh hasil persentase 78% dengan kriteria Menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penerapan, Sumber Belajar, Brainly |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Muhammad Fajar |
Date Deposited: | 16 May 2024 07:13 |
Last Modified: | 16 May 2024 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56889 |