ANALISIS KESULITAN SISWA MEMAHAMI KONSEP, PRINSIP, DAN PROSEDUR PADA SOAL-SOAL MATERI GARIS DAN SUDUT

Sitanggang, Derma Yanti (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA MEMAHAMI KONSEP, PRINSIP, DAN PROSEDUR PADA SOAL-SOAL MATERI GARIS DAN SUDUT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192411005_Cover.pdf] Text
4192411005_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 4192411005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192411005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 4192411005_Abstrak.pdf] Text
4192411005_Abstrak.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of 4192411005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192411005_Kata_Pengantar.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 4192411005_Daftar_Isi.pdf] Text
4192411005_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4192411005_BAB_I.pdf] Text
4192411005_BAB_I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4192411005_BAB_V.pdf] Text
4192411005_BAB_V.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 4192411005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192411005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kesulitan yang dialami siswa dalam memahami konsep, prinsip, dan prosedur pada soal-soal materi garis dan sudut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 29 Medan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Seluruh siswa kelas VIII-1 melakukan tes pemahaman konsep, prinsip, dan prosedur. Setelah itu, hasil tes dianalisis dan dikategorikan menjadi 3 kelompok yaitu kategori kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Kemudian, 2 orang dari masing-masing kemampuan dipilih sebagai subjek wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan konsep yang paling banyak dialami siswa adalah mengklasifikasikan objek-ojek sesuai dengan konsepnya pada materi menentukan jenis suatu sudut sesuai dengan ukurannya. Kesulitan prinsip yang paling banyak dialami siswa adalah menghubungkan antar matematika dalam pemecahan masalah pada materi hubungan sudut yang dibentuk oleh dua garis sejajar yang dipotong garis transversal. Sementara kesulitan prosedur yang dialami siswa adalah seluruh siswa masih melakukan kesalahan dalam menguraikan, merencakan, mengaplikasikan langkah-langkah atau algoritma yang tepat dalam permasalahan matematika baik pada materi hubungan antar garis, menentukan sudut, maupun hubungan antar sudut yang dibentuk dua garis sejajar yang dipotong transversal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sit a
Keywords: Kesulitan konsep; Kesulitan prinsip; Kesulitan prosedur; Garis; Sudut
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 May 2024 06:25
Last Modified: 16 May 2024 06:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56887

Actions (login required)

View Item
View Item