PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 4 MEDAN

Sihotang, Chichilya Elfryda (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183311052_Cover.pdf] Text
4183311052_Cover.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4183311052_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183311052_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4183311052_Abstrak.pdf] Text
4183311052_Abstrak.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4183311052_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183311052_Kata_Pengantar.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 4183311052_Daftar_Isi.pdf] Text
4183311052_Daftar_Isi.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 4183311052_BAB_I.pdf] Text
4183311052_BAB_I.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 4183311052_BAB_V.pdf] Text
4183311052_BAB_V.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 4183311052_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183311052_Daftar_Pustaka.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 4 Medan pada materi bangun ruang sisi datar. Siswa kelas VIII-6 di SMP Negeri 4 Medan sebanyak 31 siswa merupakan subjek dari penelitian ini dan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning merupakan objek dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil analisis data diperoleh pada siklus I sebanyak 14 peserta didik (45,16%) memiliki kemampuan komunikasi matematis dalam kategori minimal cukup dengaan rata-rata 67,38 lalu meningkat pada siklus II yaitu sebanyak 27 peserta didik (87,10%) memiliki kemampuan komunikasi matematis dalam kategori minimal cukup dengan rata-rata kelas 81,82. Hasil observasi guru dalam pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 2,5 (cukup) pada siklus I dan pada siklus meningkat menjadi 3,3 (baik). Maka, dari hasil tersebut diperoleh hasil tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik meningkat di setiap siklusnya, minimal 85% siswa di kelas mencapai skor kemampuan komunikasi matematis ≥ 70 dan hasil skor observasi guru adalah ≥ 3. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-6 di SMP Negeri 4 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sih p
Keywords: Project based learning; Komunikasi matematis; Bangun ruang sisi datar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 May 2024 05:31
Last Modified: 16 May 2024 05:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56885

Actions (login required)

View Item
View Item