PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KONTEKSTUAL BERBANTUAN FLIP BOOK MAKER PADA MATERI DINAMIKA ROTASI KELAS XI SMA

Sari, Putri Syahdana (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS KONTEKSTUAL BERBANTUAN FLIP BOOK MAKER PADA MATERI DINAMIKA ROTASI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191121006_Cover.pdf] Text
4191121006_Cover.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4191121006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191121006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of 4191121006_Abstrak.pdf] Text
4191121006_Abstrak.pdf

Download (636kB)
[thumbnail of 4191121006_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191121006_Kata_Pengantar.pdf

Download (706kB)
[thumbnail of 4191121006_Daftar_Isi.pdf] Text
4191121006_Daftar_Isi.pdf

Download (788kB)
[thumbnail of 4191121006_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191121006_Daftar_Tabel.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of 4191121006_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191121006_Daftar_Gambar.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of 4191121006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191121006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of 4191121006_BAB_I.pdf] Text
4191121006_BAB_I.pdf

Download (886kB)
[thumbnail of 4191121006_BAB_V.pdf] Text
4191121006_BAB_V.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of 4191121006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191121006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (573kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul fisika berbasis kontekstual pada materi dinamika rotasi dan menganalisis kelayakan E-modul ditinjau dari tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan E-modul. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Teknik Pengumpulan data berupa angket kelayakan dan respon siswa, serta tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini meliputi dua dosen fisika dan guru fisika sebagai validator, serta siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 3 Tebing Tinggi. Hasil penelitian berupa tingkat kelayakan diperoleh persentasi rata-rata 87,2 % dengan kategori sangat layak, tingkat kepraktisan E-modul memperoleh kategori sangat layak dengan rata-rata persentasinya 88,4 % pada uji coba kelompok kecil dan 88,3 % pada uji coba kelompok besar. Sedangkan, tingkat keefektifan E-modul diperoleh N-gain sebesar 0,71 yang menunjukkan terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa yang dilihat dari hasil pre-test dan post-test. Tingkat keefektifan E-modul pembelajaran fisika berbasis kontekstual masuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, E-modul pembelajaran fisika berbasis kontekstual pada materi dinamika rotasi ini dinyatakan layak, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-modul, Pembelajaran Kontekstual, Dinamika Rotasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 16 May 2024 03:25
Last Modified: 16 May 2024 03:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56877

Actions (login required)

View Item
View Item