Mardiah, Dinda (2023) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBANTUAN WEB-BASED SLIDE ARTICULATE STORYLINE 3 TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111063_Cover.pdf
Download (171kB)
4191111063_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (161kB)
4191111063_Abstrak.pdf
Download (377kB)
4191111063_Kata_Pengantar.pdf
Download (256kB)
4191111063_Daftar_Isi.pdf
Download (851kB)
4191111063_BAB_I.pdf
Download (327kB)
4191111063_BAB_V.pdf
Download (392kB)
4191111063_Daftar_Pustaka.pdf
Download (235kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Web-Based Slide Articulate Storyline 3 terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP; (2) mengetahui berapa besar pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Web-Based Slide Articulate Storyline 3 terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP; dan (3) mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Web-Based Slide Articulate Storyline 3 secara signifikan terhadap nilai pretest dan nilai posttest siswa pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs. AL Ikhlasiyah Sei Buluh, populasi penelitian terdiri dari seluruh kelas VIII sekolah, yang terdiri dari 3 kelas. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling, di mana kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode quasi eksperimen. Pretest dan posttest adalah insterumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Data penelitian diolah dengan program SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis data: (1) pengujian hipotesis 1 diperoleh rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen yaitu 81,5286 sedangkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis pada kelas kontrol yaitu 74,1071. Kemudian hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai �ℎ����� > ������ yaitu 2,613 > 1,668 dan nilai sig. (2-tailed) diperoleh 0,011 < 0,05 yang artinya �0 ditolak dan �� diterima. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Web-Based Slide Articulate Storyline 3 terhadap pemahaman konsep matematis siswa; (2) pengujian hipotesis 2 hasil uji effect size menunjukkan pengaruh sebesar 73%. Yang berarti bahwa pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Web-Based Slide Articulate Storyline 3 terhadap pemahaman konsep matematis siswa memiliki pengaruh yang sedang; (3) pengujian hipotesis 3 uji paired sample t-test menunjukkan nilai � � yaitu -2,032 > -10,324 dan nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti � ditolak dan � diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata–rata antara hasil pretest dengan hasil posttest kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang artinya terdapat pengaruh penggunaan Web-Based Slide Articulate Storyline 3 secara signifikan terhadap nilai pretest dan nilai posttest siswa pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Mar p |
Keywords: | Matematika realistik; Web-based slide; Articulate storyline 3; Pemahaman konsep; Sistem persamaan linear dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 May 2024 07:49 |
Last Modified: | 16 May 2024 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56876 |