Rajagukguk, Atma Wijaya (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 37 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111069_Cover.pdf
Download (290kB)
4193111069_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (239kB)
4193111069_Abstrak.pdf
Download (305kB)
4193111069_Kata_Pengantar.pdf
Download (300kB)
4193111069_Daftar_Isi.pdf
Download (716kB)
4193111069_BAB_I.pdf
Download (508kB)
4193111069_BAB_V.pdf
Download (294kB)
4193111069_Daftar_Pustaka.pdf
Download (336kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran di kelas IX SMP; (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran di kelas IX SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-A SMP Negeri 37 Medan yang berjumlah 32 siswa dan objek pada penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran pada materi persamaan kuadrat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat meningkat setelah dilakukan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siswa pada tes awal yaitu 15,625% (5 siswa tuntas) meningkat pada siklus I menjadi 53,125 (17 siswa tuntas) dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 93,75% (30 siswa tuntas); (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari sebelum diberikan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran ke siklus I termasuk kategori sedang dengan nilai N-Gain 0,37. Kemudian peningkatan dari siklus I ke siklus II termasuk pada kategori sedang dengan nilai N-Gain 0,49. Hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 2,8 pada siklus I dengan kategori baik meningkat menjadi 3,45 pada siklus II dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Raj p |
Keywords: | Pemecahan masalah; Pembelajaran kooperatif; Video |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 May 2024 08:34 |
Last Modified: | 15 May 2024 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56851 |